Logo ABC

AS Kenakan Tarif Pajak Baru atas Impor China

Trump
Trump
Sumber :
  • abc

Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan rencananya untuk membebankan pajak atas impor China dengan nilai tambahan $ 200 miliar (atau setara Rp 2,7 quadriliun) per tahun sebagai pembalasan atas pembalasan China terhadap putaran pertama pajak Amerika.

Poin Utama Pajak AS Poin utama:

• AS merilis daftar impor China senilai USD 200b (atau setara Rp 2,7 qudriliun) per tahun yang akan dikenai tarif atau pajak 10%
• Pajak itu bisa berlaku mulai bulan September, setelah adanya proses konsultasi
• Perwakilan perdagangan AS, Robert Lighthizer, mengatakan AS bersedia bernegosiasi dengan China mengenai praktek perdagangan

Perwakilan Perdagangan AS, Robert Lighthizer, telah merilis daftar produk China, yang setebal hampir 200 halaman, yang berpotensi terkena pajak impor 10 persen pada awal September.

Pajak baru ini didasarkan pada 25 persen tarif impor China senilai US $ 34 miliar (atau setara Rp 460 triliun) terhadap AS yang mulai berlaku pada hari Jumat tengah malam, dan mengimplementasikan ancaman Presiden AS Donald Trump untuk menanggapi setiap pembalasan China terhadap pajak-pajak itu.

Otoritas China menerapkan pajak balas dendam terhadap ekspor utama AS ke China, termasuk beberapa produk pertanian utama.

AS berencana untuk membebankan 25 persen pajak terhadap impor China senilai US $ 16 miliar (atau setara Rp 220 triliun) dalam waktu dua minggu ke depan.

"Selama lebih dari setahun, Pemerintahan Trump dengan sabar mendesak China untuk menghentikan praktik tidak adil, membuka pasarnya, dan terlibat dalam persaingan pasar sejati," katanya dalam sebuah pernyataan.