Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Beroperasi, Waktu Tempuh 45 Menit

Simpang susun tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Sumatera Utara.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Jarak tempuh antara Kota Medan, Sumatera Utara, dengan Bandara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang kini hanya 45 menit usai beroperasinya Jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi 1.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Warga Medan sebelumnya harus menempuh waktu dua jam untuk bisa mencapai bandara yang letaknya 26 kilometer dari kota mereka itu.

"Keberadaan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Bandara Kualanamu menuju Kota Medan atau sebaliknya," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol, Agus Suharjanto melalui keterangan yang diterima pada Minggu, 22 Juli 2018.

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

Jalan tol MKTT Seksi 1 Simpang Susun (SS) Tanjung Morawa-SS Parbarakan sebelumnya telah dioperasikan secara fungsional pada Juni 2018 guna menunjang arus mudik dan balik Lebaran.

Selain itu, Agus menyampaikan, tol juga ditargetkan memberi kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi lokal melalui peningkatan konektivitas guna memperlancar distribusi dan menurunkan biaya logistik barang dan jasa. 

Hampir 1,4 Juta Kendaraan Kembali ke Jabotabek dari Mudik Lebaran 2024

Tol MKTT juga terhubung dengan jalan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) dengan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 2-6 (Kualanamu-Sei Rampah) yang sebelumnya telah beroperasi sejak 13 Oktober 2017.

"Kami berharap setelah beroperasi secara menyeluruh, jalan tol ini nantinya mampu berkontribusi pada perkembangan perekonomian wilayah," ujar Agus. (ren)

Menteri BUMN Erick Thohir

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir buka-bukaan alasan belum beroperasinya Stasiun Kereta Cepat Karawang. Penyebab belum dibukanya Stasiun Karawang dian

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024