Ingin Kelola Blok Rokan, ESDM Minta Pertamina Percepat Proposal

Ilustrasi kilang minyak.
Sumber :
  • REUTERS/Isaac Urrutia

VIVA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah menunggu kelengkapan proposal dari PT Pertamina untuk pengelolaan Blok Rokan di Riau. Sebab, dalam waktu dekat pemerintah akan memutuskan pemenang lelang dari Blok Rokan yang akan berakhir kontraknya pada 2021.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, pihaknya kini tengah melakukan evaluasi terkait perpanjangan kontrak dari kontraktor sebelumnya yaitu PT Chevron Pacific Indonesia yang telah berpuluh tahun di Blok Rokan.

"Sedang dievaluasi hari ini. Ya, semoga ya (selesai bulan ini)," kata Arcandra saat ditemui di kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Selasa 24 Juli 2018.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Ia melanjutkan, proposal perpanjangan pengelolaan Blok Rokan dari PT Chevron sudah lengkap diajukan ke pemerintah termasuk di dalamnya adalah bonus tanda tangan dan komitmen pasti di blok tersebut setelah berakhir kontraknya pada 2021.

Sementara itu, untuk PT Pertamina, masih diminta untuk dilengkapi. Arcandra menyebut beberapa poin yang perlu dilengkapi Pertamina adalah soal aspek komersial. Dia pun meminta proposal Pertamina untuk Blok Rokan tersebut dapat dilengkapi paling lambat pekan ini.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

"Pekan ini (batas kelengkapan). Kan dilengkapi, karena ada proses internal di Pertamina," ujarnya.

Ia melanjutkan, masa evaluasi siapa yang akan mengelola blok itu dilakukan selama satu bulan dan sudah dimulai. Proposal perpanjangan yang diajukan Chevron pun sudah lengkap dan final.

"(Proposal Chevron) Final. Tinggal tunggu Pertamina," tutur Arcandra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya