Masuk Uji Coba Kedua, Begini Hasil Tes Sinyal Kereta MRT Jakarta

Kereta MRT Jakarta pertama kali melintasi bentang spesial di atas tol JORR.
Sumber :
  • instagram @mrtjkt

VIVA – Rangkaian kereta Mass Rapid Transit (MRT) sudah tiba di Depo Lebak Bulus dan salah satu dari enam rangkaian yang sudah ada, dilakukan uji coba sistem rangkaian kereta pertama di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P. Sabanda, mengatakan, uji coba kedua MRT ini dilakukan untuk menguji semua sistem dari rel, signaling hingga power. William juga mengatakan, pihaknya akan melakukan tes kecepatan dalam waktu lima pekan ke depan.

"Uji coba kali ini kami sebut testing and conditioning, jadi pengujian dan pemeriksaan semua sistem mulai dari rel, signaling hingga power. Kami akan melakukan tes kecepatan selama lima minggu dan setiap minggunya, kecepatan kereta akan bertahap ditingkatkan," ucap William P. Sabanda di Kawasan Bundaran HI Jakarta Pusat, Kamis, 23 Agustus 2018.

Wali Kota Berharap Proyek MRT 'Beneran' Sampai Tangsel: Itu Kita yang Usul

Selain itu, William mengatakan, dalam proses uji coba ini masih ada kendala pada sistem persinyalan. Ia pun mengatakan, sistem pengaturan yang disebut Operation Command Center masih belum bisa digunakan secara benar.

"Kami akan atur kecepatan dan semuanya itu di OCC, nanti dari OCC akan menerima sinyal yang dikirim dari kereta, tepatnya yang ada di bawah samping, dan atas kereta," tambahnya.

Dirut MRT Jakarta Beberkan Alasan Revitalisasi Kawasan Blok M

William juga menambahkan, sistem pengoperasian OCC sudah membaik. Kereta MRT akan dijalankan dengan sistem automatic, di mana semua pengaturan kecepatan bisa diatur secara otomatis.

Dok. Istimewa

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono menghadiri Transit Oriented Development (TOD) Investment Forum di Tokyo. Heru lihat penandatanganan tujuh dokumen kerja sama proyek MRT.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024