Jalur Harmoni-Mangga Besar Terdampak Proyek MRT Fase 2A, Catat Rekayasa Lalu Lintasnya

Pembangunan MRT Fase II
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Pembangunan stasiun MRT Sawah Besar, Mangga Besar, dan Harmoni, yang masuk dalam paket kontrak 202, telah memasuki pembangunan guide wall dan Diaphragm Wall (D-wall).

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda), Ahmad Pratomo mengatakan, dalam upaya menunjang pembangunan tersebut, kontraktor pelaksana yakni Shimizu-Adhi Karya Joint Venture (SAJV), bakal melakukan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL).

Dengan koordinasi dan dukungan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Ahmad memastikan bahwa rekayasa lalu lintas (lalin) ini akan berlangsung selama periode Januari hingga Desember 2024.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Guna memastikan kenyamanan dan keselamatan para pengguna jalan tetap terjaga, selama proses konstruksi berlangsung akan dipasang rambu lalu lintas, marka jalan, dan lampu penerangan jalan umum (PJU).

Pekerja menyelesaikan pembangunan proyek MRT Fase II di Jalan MH Thamrin.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Mewakili PT MRT Jakarta, Ahmad pun berterima kasih sekaligus memohon maaf atas ketidaknyamanan selama proses pekerjaan ini berlangsung. "Kami mengharapkan pengertian dan kerja sama dari masyarakat, untuk terus mendukung pelaksanaan proyek ini," kata Ahmad dalam keterangannya, Senin, 29 Januari 2024.

Selain itu, Ahmad juga berharap para pengguna jalan dan angkutan umum mau memperhatikan rambu-rambu yang telah disediakan di sekitar lokasi. "Serta mengikuti petunjuk petugas di lapangan," ujarnya.

Berikut adalah rekayasa lalin selama pengerjaan proyek MRT Fase 2A CP202:

1. Rekayasa lalu lintas tahap 3.1 lanjutan

- Harmoni (periode 1 Januari-31 Desember 2024)

a). Tahap 3.1.2A, tanggal 1 Januari - 20 Januari 2024

Lajur lalu lintas dari Jalan Gajah mada menuju Jalan Hasyim Ashari sedikit bergeser akibat pekerjaan relokasi utilitas pada ruas jalan di depan Lion Tower.

b). Tahap 3.1.2B, tanggal 21 Januari - 15 Maret 2024

Lajur lalu lintas dari arah arah Jalan Hasyim Ashari menuju Jalan Gajah Mada dan sebaliknya sedikit bergeser akibat pekerjaan pelebaran jalan dan relokasi utilitas pada jalur pejalan kaki yang berada di depan Lion Tower.

c). Tahap 3.1.2C, tanggal 16 Maret - 31 Desember 2024

Lalu lintas Jalan Hasyim Ashari menuju Jalan Gajah Mada menggunakan 1 lajur baru yang telah dilebarkan

- Sawah Besar (periode 1 Januari - 30 September 2024)

a). Tahap 3.1, tanggal 1 Januari - 30 Januari 2024

Jalan Gajah Mada arah Kota mulai dari simpang Jalan KH Hasyim Ashari hingga simpang Jalan Zaenul Arifin - Jalan Sukarjo Wiryopranoto, tetap sama dengan kondisi saat ini yaitu 1 jalur reguler di Jalan Gajah Mada dan 2 lajur mixed traffic di Jalan Hayam Wuruk (contra flow).

b). Tahap 3.1. S1, tanggal 31 Januari - 15 Februari 2024

Lalu lintas Jalan Gajah Mada arah Kota di depan Lawu Tower hingga Toko Cat SEIV dialihkan ke sisi timur, bagi kendaraan yang menuju ke pertokoan cat diberikan akses 1 lajur masuk di depan Jl. Ketapang Utara.

c). Tahap 3.1. S2 , tanggal 16 Februari - 31 Maret 2024

Lalu lintas Jalan Gajah Mada arah Kota di depan Pengadilan Negeri Jakarta Utara hingga Toko Cat SEIV dialihkan ke sisi timur, namun tetap disediakan akses masuk ke dalam gedung yang berada di sepanjang Jalan Gajah Mada antara lain akses menuju Pengadilan Negeri Jakarta Utara, CIMB Niaga dan Gajah Mada Plaza.

d). Tahap 3.1 S3, tanggal 1 April - 30 September 2024

Lalu lintas Jalan Gajah Mada arah Kota mulai dari depan Pengadilan Negeri Jakarta Utara hingga kantor Notaris - Nasril, SH dialihkan ke sisi timur.

e). Tanggal 16 Februari 2024 - Desember 2024

Akan dilakukan penutupan Jalan Pembangunan 1. Jalan Alaydrus yang sebelumnya satu arah masuk (ke Barat) menjadi satu arah keluar (ke Timur) (kecuali penghuni).

- Mangga Besar (periode 1 Januari - 1 April 2024)

a). Tahap 3.1, tanggal 1 Januari - 16 Februari 2024

Kondisi lalu lintas di area konstruksi Stasiun Mangga Besar pada periode ini masih sama dengan kondisi eksisting.

2. Rekayasa Lalu Lintas Tahap 3.2

a). Tahap 3.2.- 1, tanggal 17- 29 Februari 2024

Lalu lintas Jalam Hayam Wuruk Menuju Harmoni mulai dari Simpang Mangga Besar hingga depan KFC dialihkan ke sisi barat dimulai dari Jalan Kebon Jeruk XX sampai Jalan Kebon Jeruk XVIII.

b). Tahap 3.2 - 2, tanggal 1 - 17 Maret 2024

Lalu lintas Jalan Hayam Wuruk menuju Harmoni dari simpang Mangga Besar hingga Gedung Hayam Wuruk Plaza dialihkan ke sisi barat, namun tetap disediakan akses menuju Jalan Kebun Jeruk IX dan Jalan Kebun Jeruk X. Akibat kegiatan konstruksi pada area ini maka Kebon Jeruk XVIII akan ditutup dan akses menuju jalan ini akan dialihkan melalui Jalan Mangga Besar II.

c). Tahap 3.2- 3, tanggal 18 Maret - 1 April 2024

Lalu lintas Jalan Hayam Wuruk menuju Harmoni dari simpang Mangga Besar hingga Jalan Kebun Jeruk XVI dialihkan ke sisi barat, namun tetap disediakan akses masuk menuju Gedung Hayam Wuruk Plaza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya