12 Perusahaan Rebutan Enam Blok Migas RI

ilustrasi industri migas.
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

VIVA – Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Djoko Siswanto mengungkapkan, saat ini, terdapat 12 perusahaan yang berminat untuk mengelola enam wilayah kerja atau WK blok minyak dan gas bumi. Baik untuk eksplorasi maupun produksi.

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

Dia menjelaskan, dari enam WK tersebut masing-masing diminati oleh dua perusahaan, sehingga total ada 12 perusahaan. 12 Perusahaan tersebut pun dikatakannya sudah dalam tahap pengambilan dokumen.

"Lumayan (diminati). Kira-kira satu WK itu dua (perusahaan)," tutur Djoko saat dijumpai di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis malam 23 Agustus 2018.

ESDM Tetapkan Petronas Pemenang Lelang Blok Migas di Papua Barat, Ada Potensi 6,8 Miliar Barel

Enam WK tersebut merupakan blok migas yang telah dilelang pemerintah melalui skema lelang reguler. Terdiri dari tiga WK produksi yang dilelang pada periode 14 Agustus-20 September 2018, serta tiga WK eksplorasi yang dimulai pada 14 Agustus-10 Desember 2018.

Adapun WK eksplorasi, yang dilelang adalah WK Banyumas, WK Andika Bumi Kita, dan WK South East Mahakam dengan penyerahan dokumen lelang paling lambat pada 10 Desember 2018. Sedangkan untuk tiga WK produksi, yakni WK Makassar Strait, Selat Panjang, dan South Jambi B dengan pengembalian dokumen lelangnya paling lambat 12 Oktober 2018.

5 Blok Migas Belum Laku Dilelang di 2023, ESDM Siapkan Mekanisme Penawaran Langsung
Ketua Panitia IPA Convex 2024, Krishna Ismaputra, dalam konferensi pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Mei 2024.

Sejumlah Kontrak Blok Migas Baru Bakal Diteken di IPA Convex 2024

Kesepakatan soal blok migas baru maupun perpanjangan kontrak di sektor hulu migas nasional bakal diteken di IPA Convention & Exhibition (IPA Convex) ke-48.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024