Jakarta-Bogor-Sukabumi Siap Terhubung dengan LRT dan Double Track

Dialog Nasional 21 Indonesia Maju di Bogor, Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA –Pemerintah mensosialisasikan akses jalan penghubung Ibu Kota Jakarta dengan wilayah seluruh Indonesia dalam Dialog Nasional 21 Indonesia Maju di Puri Bengawan Bogor, Sabtu 25 Agustus 2018. Turut memberi paparan sebagai narasumber yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Pj Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan dan Wali Kota Bogor Bima Arya. 

Penampakan Ngeri Rel KA Pangrango Bogor-Sukabumi: Tergantung Akibat Longsor

"Hari ini kami dari Kementerian Perhubungan bersama Kementerian Perindustrian bersama Pj Gubernur Jawa Barat dan Wali Kota Bogor menjelaskan kepada masyarakat banyak sekali program yang dilakukan pemerintah," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai acara kepada VIVA di Bogor, Jawa Barat.

Budi menjelaskan, untuk Bogor sendiri akan dibangun LRT. Jalurnya tidak hanya sampai Cibubur melainkan berlanjut sampai Kota Bogor. Sedangkan dari Bogor ke Sukabumi mengunakan kereta double track.

Jalur Double Track KA Bogor-Sukabumi Longsor: 2 Orang Tewas, 4 Tertimbun

"LRT kita akan lanjutkan dari Bogor ke Jakarta. Kereta api sekarang ini tiga kali sehari kita akan buat Bogor-Sukabumi sampai 12 kali. Yang rangkaiannya yang tadinya tiga menjadi 12," kata dia. 

Budi menjelaskan, Sukabumi memiliki penduduk 6 juta jiwa dan pemerintah menginginkan Sukabumi-Bogor-Jakarta terhubung dengan baik. Kondisi saat ini, perjalanan Sukabumi ke Jakarta bisa menempuh waktu enam sampai tujuh jam.

Bus Transjakarta Tabrak Pemulung hingga Tewas di Pancoran

Alasan lain, masyarakat dirugikan karena banyak kendaraan yang mengangkut minuman lewat jalan yang akhirnya berdampak pada jalan  rusak. Budi mengatakan, double track dari Curug Sukabumi baru dikerjakan sampai Cigombong Bogor pada tahun ini dengan target rampung dalam dua tahun ke depan. 

"Sehingga masyarakat punya pilihan bisa naik mobil dan kereta api. Kita akan upayakan kita pindahkan angkut ini melalui jalan kereta api. Jadi orang bogor gampang ke Sukabumi dan sebaliknya," kata Budi. 

Untuk progresnya, pembangunan tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) juga sudah tahap finishing. Tol ditargetkan akan diresmikan antara bulan September dan Oktober  tahun ini. Sementara LRT, Kemenhub telah membuat KPBU untuk merancang desain. Tahapan sudah tawarkan kepada swasta agar memilah yang ekonomis. LRT tahap uji coba ditargetkan beroperasi Februari 2019.   

"Terpenting adalah bagaimana masyarakat itu tahu yang dilakukan dan bagaimana masyarakat menangkap kesempatan bersama-sama maju terutama program tersebut," kata dia. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya