Dolar AS Perkasa di Level Rp14.700, Akankah Terus Menguat

Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, terus terpuruk pada perdagangan hari ini. Bahkan, dolar AS di pasar internasional senilai Rp14.700 per dolar AS. 

Rupiah Tembus Rp16.300 per Dolar AS, Gubernur BI: Kan Stabil, Salah Satu yang Terbaik di Dunia

Dilansir dari data pedagangan Reuters, Kamis 30 Agustus 2018, pukul 16.29 WIB, dolar AS dibanderol pada level Rp14.739 per dolar AS, dari sebelumnya pada perdagangan siang tadi berada di level Rp14.675 per dolar AS. 

Sementara itu, di perdagangan antarbank berdasarkan data Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah dibanderol Rp14.655 per dolar. Angka tersebut, melemah dari kemarin yang senilai Rp14.643 per dolar AS. 

Rupiah Merosot ke Level Rp 16.302 Per Dolar AS Pagi Ini

Research Analyst FXTM Lukman Otunuga mengatakan, rupiah tetap melemah walaupun Bank Indonesia sudah meningkatkan suku bunga sebanyak empat kali, sejak Mei, guna menyelamatkan mata uang Indonesia. 

"Federal Reserve (The Fed) diprediksi kembali meningkatkan suku bunga di bulan September dan dolar akan stabil, sehingga rupiah berpotensi terus melemah," ungkap Lukman dikutip dari analisisnya, Kamis 30 Agustus 2018. 

Rupiah Nyaris Sentuh Rp 16.300 per Dolar AS, Jokowi Sebut Masih di Posisi yang Baik

Rupiah, menurutnya, menjadi salah satu mata uang Asia berkinerja paling buruk di 2018. Di saat, masalah dagang global dan ekspektasi kenaikan suku bunga AS membebani pasar berkembang. (asp)

 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Rupiah Melemah ke Rp 16.378 per Dolar AS, Airlangga Sebut karena Gejala Global

Nilai tukar rupiah pada perdagangan siang hari ini tercatat melemah mencapai posisi Rp 16.378 per dolar AS. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto merespons kabar tersebut

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2024