Rayakan Ultah Emas, Kadin Siap Jadi Agen Pemerata Pembangunan RI

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menggelar perayaan HUT ke 50 dengan tema Membangun Indonesia. Acara yang digelar Senin, 24 September 2018 mengundang Presiden Joko Widodo, Duta Besar, Asosiasi-asosiasi dan KADINDA seluruh Indonesia dengan tamu undangan sebanyak 1.500 hadirin.

Dukung Stabilitas Politik, Kadin Indonesia Hormati Putusan MK soal Sengketa Pilpres 2024

Rangkaian puncak acara perayaan HUT KADIN Indonesia akan menampilkan 50 tahun perjalanan emas KADIN melalui pementasan drama musikal Kinarya GSP-Guruh Soekarno Putra, selain juga akan dimeriahkan oleh artis-artis seperti Bunga Citra Lestari, Andi RIF dan Ruth Sahanaya.

Ketua Panitia Penyelenggara HUT Kadin ke-50, Bobby Gafur Umar mengatakan perayaan HUT KADIN kali ini sengaja dibuat lebih hemat namun tetap meriah, meskipun merayakan ulang tahun emas.

Indonesian Economy Has Strength to Face Middle East Crisis

"Dari perayaannya sengaja berhemat karena dananya lebih baik dialokasikan ke beberapa program konkrit yang akan diluncurkan KADIN untuk bersama-sama masyarakat mengatasi masalah dan tantangan pembangunan," jelas Booby dalam keterangan tertulisnya, Senin 24 September 2018.

Adapun tantangan itu diantaranya bidang pendidikan vokasi, penciptaan tenaga kerja terampil siap pakai, beasiswa mahasiswa berprestasi, progam magang pelajar berprestasi dan kampanye meningkatkan minat baca masyarakat.

Anindya Bakrie: Ekonomi RI Kuat Hadapi Krisis Timur Tengah

Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan Roeslani menambahkan momentum usia 50 tahun merupakan milestone bagi KADIN untuk mensyukuri dan merayakan segala pencapaian pengusaha, sebagai salah satu komponen bangsa, yang berperan penting bagi kemajuan perdagangan dan industri di Indonesia.

Perlu diketahui, KADIN Indonesia didirikan pada 24 September 1968 oleh KADIN Daerah Tingkat I atau KADINDA Tingkat I (sebutan KADIN Provinsi pada waktu itu) yang ada di seluruh Indonesia atas prakarsa KADIN DKI Jakarta.

Sampai hari ini anggota KADIN terus tumbuh mencapai 428 ribu anggota perseroan yang mempegawaikan lebih dari 35 juta tenaga kerja. Angka ini belum termasuk UMKM dan pengusaha perorangan yang sebenarnya berada di bawah payung KADIN sebagai induk organisasi dunia usaha yang didirikan dengan berlandaskan amanat dan semangat Pasal 33 Undang-undang Dasar 1945 sebagai landasan konstitusional pembangunan di bidang ekonomi.

Dalam menapaki perjalanan panjang, KADIN sebagai wadah komunikasi dan konsultasi antar pengusaha Indonesia dan antara pengusaha Indonesia dengan pemerintah, serta sebagai jembatan yang menyatukan kepentingan pengusaha Indonesia dengan pengusaha asing.

KADIN telah menjadi tulang punggung perekonomian nasional, terutama dalam hal mewujudkan pemerataan, keadilan dan kesejahteraan rakyat, serta mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, untuk  meningkatkan ketahanan nasional dalam percaturan perekonomian regional dan internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya