Prabowo Undang Kadin Diskusi ke Hambalang: Jangan Bicara Hanya Dua Menit

Prabowo Subianto
Sumber :
  • Dok.Istimewa

VIVA Politik – Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mendorong anak-anak muda Indonesia agar tidak enggan jadi petani.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Hal ini dikatakannya saat menjawab pertanyaan para anggota Kadin terkait ketahanan pangan, dan kurangnya minat anak muda untuk menjadi petani di acara "Dialog Capres Bersama Kadin: Menuju Indonesia Emas 2045" di Jakarta, Jumat, 12 Januari 2024. 

Prabowo mengatakan, persoalan pangan adalah masalah hidup mati bangsa dan merupakan masalah strategis. 

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Prabowo Subianto

Photo :
  • Dok.Istimewa

"Jadi itu benar, kenapa berkurangnya para petani karena anak-anak muda melihat Bapaknya tidak untung, hidupnya susah. Nilai tukarnya tidak cocok. Bahwa ekonomi neoliberalisme ini membuat anak petani sulit mendapat sekolah bagus, karena semua dianggap free market. Memang free market benar tapi hak dasar masyarakat itu tidak boleh diperdagangkan," kata Prabowo. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Lanjutnya bahwa ada beberapa program yang benar, yang sudah pernah dilakukan pemerintah sebelumnya untuk mengatasi soal pangan, yaitu saat Badan Urusan Logistik (Bulog) melaksanakan operasi pengendalian harga. Kalau harga untuk petani kurang baik bisa dikendalikan, tetapi konsumen di kota juga dijaga. 

"Jadi keberpihakan, pengelolaan, pupuk (subsidi) harus ke petani jangan banyak perantaranya, jangan dibiarkan diperdagangkan. Itu pupuk subsidi untuk rakyat, benih dan sebagainya," kata Prabowo. 

Kemudian salah satu strategi yang nantinya akan dilanjutkan adalah lumbung pangan.

"Kalau mereka (negara impor) tiba-tiba tutup, tidak mau jual, kita nanti mau makan apa? Saya sudah bicara bertahun-tahun, ada rekam jejak digitalnya, cetaknya. Kita harus punya food estate yang besar. Tetapi kita harus bantu petani kita, harus buat petani makmur, anaknya petani mau jadi petani. Seperti di Jerman, petani ke ladang pagi hari dan sore naik mobil, dia ke disco malam-malam," kata Prabowo disambut tawa hadirin.

Prabowo Subianto

Photo :
  • Dok.Istimewa

Prabowo mengatakan, pembicaraan terkait pertanian sebenarnya tidak bisa dilakukan hanya dua menit. Ia pun mengajak para anggota Kadin datang ke Hambalang, untuk kembali berdiskusi terkait pertanian. 

"Sebenarnya moderator bahas pertanian ini tak cukup dua menit. Jadi begini kalian akan saya undang balik, khusus ke Hambalang. Kita diskusikan pertanian ini selama lima jam. Bagaimana?" ajak Prabowo, yang langsung disetujui para tamu yang hadir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya