Temui Wapres AS, JK Bahas Peluang RI Penetrasi Pasar Negeri Paman Sam

Wapres Jusuf Kalla bertemu Wapres AS Mike Pence.
Sumber :
  • Dok. Setwapres

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla membahas potensi produk-produk dari Indonesia bisa melakukan penetrasi pasar di Amerika Serikat (AS) dengan Wakil Presiden AS Mike Pence.

Neraca Perdagangan RI Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi Indonesia

Kedua kepala negara bertemu di sela Sidang Umum ke-73 Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang diselenggarakan di New York, AS.

"Kita sebenarnya mempunyai kesempatan dalam perang dagang (antara AS-China) ini, yaitu bagaimana Indonesia mempunyai kesempatan masuk Amerika lebih baik, karena Indonesia tidak ada soal (dengan AS)," ujar JK di lokasi pertemuan, Hotel Lotte New York Palace, dikutip dari keterangan Setwapres pada Rabu, 26 September 2018.

Neraca Perdagangan Oktober Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi

Menurut JK, kedua negara akan secara serius mewujudkan hal itu. Pelaksanaannya, bisa menandai semakin meningkatnya hubungan kedua negara dalam momentum peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS pada 2019.

"Kita dengan pemerintah Amerika ingin meningkatkan hubungan di bidang ekonomi," ujar JK.

RI Dorong ASEAN 'Tinggalkan' Dolar AS, Ini Keuntungannya

JK menyampaikan, ia dan Pence juga membahas isu lain, seperti perpolitikan internasional. Isu itu di antaranya terkait situasi di semenanjung Korea, krisis Rohingya di Myanmar, serta perang saudara di Afganistan.

"Kita bicara masalah Afganistan. Bagaimana Indonesia mempunyai peran yang baik sebagai negara dengan penduduk Islam terbesar. Itu sangat penting," ujar JK.

Ilustrasi ekspor impor.

Neraca Perdagangan Januari Surplus, BI: Positif Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi RI

Bank Indonesia (BI) menilai surplusnya neraca perdagangan Indonesia pada Januari 2024 akan menopang ketahanan eksternal perekonomian RI ke depan.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024