Semester II-2018, Rumah di Bawah Rp700 Juta Paling Diminati Masyarakat

Ilustrasi pameran properti.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA – Optimisme para pencari rumah pada semester kedua 2018 ini masih tinggi. Enam dari 10 orang berencana membeli rumah baru maupun rumah second. Hal ini tercermin dari Property Affordability Sentiment Index H2-2018.

Lippo Karawaci Ungkap Sederet Agenda Keberlanjutannya hingga 2030

Survei yang dilakukan oleh Rumah.com tersebut mencatat, sebanyak 63 persen dari 1.000 responden mengaku berniat membeli rumah pada semester II-2018. Menariknya, mayoritas responden yang berencana membeli rumah berasal dari golongan berpenghasilan di bawah Rp7 juta per bulan.

Dalam survei tersebut, sebanyak 53 persen responden memiliki penghasilan di bawah Rp7 juta per bulan. Sementara, 30 persen memiliki penghasilan berkisar Rp7 juta hingga Rp15 juta, dan sisanya di atas Rp15 juta.

Survei BI: Harga Rumah Terus Meningkat

Head of Marketing Rumah.com, Ike N. Hamdan mengatakan, hasil survei ini mengindikasikan kondisi ekonomi dan pasar properti 2018 stabil. Masyarakat dengan penghasilan di bawah Rp7 juta pun optimistis akan membeli rumah di semester II-2018.

"Kebijakan pemerintah seperti pelonggaran aturan Loan to Value (LTV) atau besaran rasio uang muka memudahkan siapapun untuk memiliki rumah. Kalau dulu uang muka paling rendah 15 persen, sekarang pengembang menawarkan uang muka hingga 5 persen, bahkan tanpa uang muka," ujar Ike dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu 29 September 2018.

Harga Rumah Subsidi Naik di 2023, Rumah.com Ungkap Pemicunya

Menurut dia, kebijakan terbaru dari Pemerintah yang diterbitkan Juli 2018 terutama diterapkan pada pencari rumah pertama, yakni orang yang belum memiliki rumah cukup sukses.

Hal itu sesuai dengan responden survei Rumah.com, dimana kalangan pembeli rumah pertama tercatat sebanyak 57 persen responden, dan akan membeli rumah sepanjang Juli-Desember 2018.

Sementara itu, selaras dengan tingkat penghasilan, mayoritas responden yang mencari rumah mengincar rumah dengan harga di bawah Rp750 juta, mencapai 79 persen dari total responden yang mencari rumah.

Country Manager Rumah.com, Marine Novita, menjelaskan bahwa di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan, tentu sulit mendapatkan rumah dengan harga di bawah Rp750 juta. Sehingga, konsekuensinya adalah membeli apartemen dengan ukuran kecil atau rumah di perbatasan kota.

Adapun, untuk penghalang utama membeli rumah bukanlah harga, melainkan minimnya informasi pembiayaan dan cara-cara transaksi. Hal ini wajar karena membeli properti melibatkan uang dalam jumlah besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya