Bandara Kertajati Buka Rute Semarang dan Bandar Lampung

Landasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati Majalengka.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka membuka rute penerbangan baru, yaitu Kertajati-Semarang dan Kertajati-Bandar Lampung dengan maskapai Transnusa. Dua rute pulang pergi ini direncanakan mulai beroperasi awal November 2018 mendatang.

Gunung Ruang Sulawesi Erupsi, Maskapai AirAsia Batalkan 21 Penerbangan Rute Malaysia

Direktur Utama BIJB, Virda Dimas Ekaputra mengaku pemberlakuan dia rute ini merupakan permintaan konsumen dan potensi pasar layanan penerbangan ke wilayah tengah dan barat di Indonesia yang masih menggiurkan. Bahkan, pihaknya membidik rute Kertajati-Yogyakarta setelah Semarang.

"Semoga ini bisa menjadi starting point penerbangan baik ke depannya, baik itu untuk BIJB dan Transnusa. Sebelumnya layanan menuju Surabaya sudah dibuka Citilink yang kini beroperasi setiap hari dari Kertajati," ujar Virda di Bandung Jawa Barat, Jumat 19 Oktober 2018.

Gunung Ruang Menyemburkan Abu Vulkanik, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

Menurut Virda, pemberlakuan rute Kertajati-Bandar Lampung juga ditargetkan akan menjadi rute perintis lainnya di Pulau Sumatera, seperti rute ke Medan, Palembang, Jambi, Riau, Aceh dan Batam.

Layanan rute KJT (Kertajati)-TKG (Bandar Lampung) dibuka pukul 06:30 WIB dengan jarak tempuh satu jam. Sedangkan dari Bandar Lampung dibuka pukul 07:50 WIB. Untuk Kertajati-Semarang, penerbangan dibuka pukul 09:10 WIB dan akan tiba di bandara tujuan pukul 09:55 WIB.

Usai Keributan Avsec dengan Penumpang, AP II Bandara Soetta Minta Penumpang Perhatikan Barang Bawaan

Sedangkan untuk penerbangan Semarang menuju Kertajati dibuka pukul 17:25 WIB dan tiba pukul 18:10 WIB. "Jam penerbangan ini sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat,"  kata Virda.

Rute lainnya yang saat ini dibidik di antaranya, Denpasar, Yogyakarta, Medan, dan Ujungpandang. Sedangkan untuk rute internasional tujuan Singapura, Malaysia, Tiongkok dan Jepang. "Kita targetkan diawal pengoperasian ini ada 14 penerbangan yang dilayani dari Bandara Kertajati,"  lanjut dia. (ren)

Kecelakaan Pesawat Japan Airlines di Bandara Haneda Tokyo Jepang

10 Kecelakaan Pesawat Paling Mematikan Sepanjang Masa, Tewaskan 53.500 Nyawa

Ironisnya, dunia sejauh ini telah menyaksikan kecelakaan udara yang melibatkan 540 pesawat di tujuh benua hingga tiga samudera, yang mengakibatkan hilangnya 53.500 nyawa.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024