Punya Peluang Besar, Bisnis Waralaba Laundry Mulai Dilirik 

Franchise Laundry Online.
Franchise Laundry Online.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arrijal Rachman

VIVA – Pameran waralaba atau Info Frenchise and Business Concept (IFBC) tahun ini kembali dilaksanakan oleh Asosiasi Franchise Indonesia dengan Kementerian Perdagangan pada 23-25 November 2018 di Balai Kartini, Jakarta. Setidaknya terdapat 142 industri waralaba yang turut serta.

Mayoritas usaha yang membuka gerai bergerak di sektor industri makanan dan minuman, penjualan kendaraan, jasa pendidikan atau bimbingan belajar, maupun jasa konsultasi lainnya. Namun, ada yang menarik dari industri yang turut serta, yaitu industri laundry yang membuka ruang untuk franchise.

Pantauan VIVA di lokasi, industri yang bernama PT Kliknklin Digital Nusantara (LaundryKlin) itu cukup banyak menarik perhatian pengunjung. Setidaknya puluhan orang mondar-mandir di booth yang menawarkan franchise atau kemitraan waralaba di sektor aplikasi tersebut.

"Untuk yang mengunjungi booth kami sudah ada 40 data yang masuk di hari pertama (even ini)," kata Head of Sales LaundryKlin, Erni Fridayati saat ditemui di lokasi, Jumat 23 November 2018.

Erni mengklaim, LaundryKlin merupakan industri layanan jasa cuci pakaian pertama yang menggunakan aplikasi online. Aplikasi tersebut dikatakannya bisa di akses di IOS dan PlayStore dengan nama KliknKlin. 

Dia menargetkan, melalui even IFBC yang digelar selama tiga hari itu, setidaknya 25 mitra baru bisa di dapat.

"Kita berjalan tahun ke tiga. Kenapa kita pilih bisnis laundry karena orang bisa bikin bisnis laundry tapi tidak punya sistem. Nah kami di sini menyediakan sistemnya. Kita ngebantu setiap customer yang mungkin dia enggak bisa datang secara walk in ke outlet jadi bisa order by online," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title