Sirup Gula Aren, Rempah Nusantara yang Menggugah Selera

Sirop gula aren
Sumber :
  • VIVA/ Muhammad AR

SUKABUMI –  Mengkonsumsi gula aren menjadi tren, pemanis berwarna coklat itu memiliki rasa yang khas bila dikombinasi dengan beragam bahan, seperti minuman yang sedang hits kopi gula aren atau pun menjadi campuran minuman sirup lainnya. Sirup yang berasal dari dari pohon enau atau palem itu kini menjadi salah satu penggerak usaha kecil menengah mau pun waralaba alias franchise.

Starbucks Asia Barat PHK 2.000 Karyawan Buntut Aksi Boikot

VIVA mencoba menilik proses pembuatan sirup gula aren salah satu UMKM yang sukses berhasil mengembangkan bisnisnya menjadi produsen manufaktur gula aren. Bahkan, gula lokasi ini dibidik menjadi salah satu pemasok ekspor ke mancanegara oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Berlokasi di Desa Caringin Kulon, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, gula aren cair diproduksi. Proses menjadi gula aren cair atau sirup, harus melalui serangkaian proses yang cukup panjang. 

Jelang Ramadhan, Zaidul Akbar Bagikan Resep Sirup Sehat Buat Buka Puasa

Sirop gula aren

Photo :
  • VIVA/ Muhammad AR

Gula aren dalam bentuk bulat lingkaran diperoleh dari beberapa wilayah seperti Cianjur, Pejampangan Sukabumi Selatan, dan juga dari wilayah Garut. Di sana para petani binaan menyortir untuk memastikan kualitas bahan yang akan diolah menjadi sirup gula aren cair di lokasi ini untuk memenuhi standar kualifikasi. 

Buka IFBC, Kemendag Targetkan Tumbuh Wirausaha Baru

"Seluruh gula aren yang diolah sudah melalui pemilahan proses sortir seusai standar yang dibutuhkan. Jadi para petani sudah mengetahui dari sampel produk sesuai standar yang kita butuhkan. Dan Alhamdulillah selama ini kita membina para petani daerah sehingga dapat menghasilkan bahan baku berkualitas sesuai yang kita butuhkan," kata Muhammad Nauval, Quality Control, PT Dival Green Industri, diwawancarai, Sabtu 23 September 2023. 

Setelah dipilah, gula aren dimasak dan disterilkan kembali melalui mesin modern. Gula yang sudah mencair akan kembali melalui proses penyaringan agar tidak ada ampas yang tersisa. Selanjutnya, gula aren cair akan di tes kekentalannya menggunakan mesin refrakstor meter untuk mengetahui tingkat kekentalannya. Setelah itu, gula aren yang sudah siap konsumsi dikemas dalam botol ukuran 1.300 mili liter. 

"Terakhir discan diberikan tanggal prosukai dan label sesuai pesanan kemudian dipacking menggunakan box kardus," tutur Nauval.


Dinikmati Dalam Segelas Minuman

Pabrik industri rumahan gula aren ini mampu mengolah 100 ton gula aren dari petani binaannya hingga menghasilkan kurang lebih 100 ribu botol untuk didistribusikan ke konsumen.

Dalam distribusi pemasaran produknya ke beberapa waralaba dan kafe yang tersebar di berbagai wilayah perkotaan,  PT Dival Green Industri sebagai produsen bekerjasama melalui PT Wasagi Sakti Nusantara sebagai perusahaan distribusi di mana kedua perusahaan tersebut merupakan bagian dari holding Wasagi Group. 

"Produk kami akan dipasarkan oleh distributor yang bekerjasama dengan kami dan dijual ke beberapa waralaba berbeda ataupun kafe hingga sampai ke gelas yang bisa diminum dinikmati masyarakat," tutur Nauval. 

Berkat produk yang dihasilkan memiliki kualitas baik, kata Naufal, kini perusahaan dilirik Kementerian Perdagangan. Produk gula aren di sini menjadi 20 dari 124 perusahaan yang ditunjuk kementerian perdagangan untuk ekspor ke Sri Lanka dan Afrika Selatan.

Sirop gula aren

Photo :
  • VIVA/ Muhammad AR

Peluang bisnis gula aren ini mampu mengantarkan distributor yang sukses. Distribusi pemasaran yang sudah berjalan sejak tahun 2019 itu kian berkembang luas hingga dapat digemari para pelanggan di waralaba maupun kafe.

"Kita itu awalnya berdiri 2019 kita tiga partner saja, kita awalnya kecil-kecil jualan ke costumer-costumer dan akhirnya kita bisa berkembang kita grow sampai seperti sekarang hingga akhirnya dilirik franchise, klien kita franchise besar di Indonesia, dan membuat penjualan kita sampai ke nasional. Ada beberapa franchise atau brand waralaba yang memproduksi gula aren kepada kami," tutur Chief Financial Officer (CFO) PT Wasagi Sakti Nusantara, Muhammad Prasasti.

Prasasti membagikan perlajanannya saat mengembangkan pemasaran produk. Salah satunya, membuat gula aren yang sesuai formula yang pelanggan inginkan. Dari proses pengolahan hingga pemasaran di lokasi ini, kata dia, usaha sirup gula aren mengedepankan pemberdayaan masyarakat.

"Omset kami hanya satu setengah miliar tetapi sebagai distributor kami berharap dapat memberdayakan masyarakat sehingga secara perputaran ekonomi terjaga dan mampu membantu masyarakat yang ada di sini dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya