Jelang Ramadhan, Zaidul Akbar Bagikan Resep Sirup Sehat Buat Buka Puasa

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA Lifestyle – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, banyak orang mulai mempersiapkan diri untuk memperkuat iman dan ibadahnya. Tak boleh ketinggalan, menu berbuka puasa dan sahur juga harus diperhatikan guna menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia bahwa menu berbuka dan sahur sangat dianjurkan tetap bergizi dan menyehatkan. Pasalnya, setelah berpuasa seharian tubuh perlu mendapatkan energi tambahan untuk melanjutkan ibadah di malam hari, begitu juga ketika sahur guna memperkuat tubuh menahan lapar dan haus seharian. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

"Menjelang buka atau seminggu pertama merasakan pusing atau badan tidak enak, itu lah proses detoksifikasi yang terjadi. Kalau sudah mengerti pola untuk mengatasinya pasti mudah," kata dr. Zaidul Akbar, mengutip tayangan YouTubenya, Rabu 6 Maret 2024.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Ilustrasi makanan/ buka puasa/ batalkan puasa.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Berbuka puasa biasanya identik dengan minuman yang manis dan menyegarkan. Alih-alih minum sirup dengan kandungan gula yang tinggi, Zaidul Akbar menyarankan untuk meracik minuman sendiri dari bahan herbal yang selain memberikan kesegaran juga bermanfaat untuk kesehatan.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Untuk membuat minuman sirup sehat ini, Zaidul Akbar memberikan resep rahasianya. Hanya diperlukan 3 bahan yang sangat mudah didapatkan di dapur yang pastinya punya segudang khasiat untuk kesehatan.

"Salah satu resep andalan ini yang bisa dipakai ketika berbuka puasa di samping nanti makan kurma ketik buka puasa," kata Zaidul Akbar.

Bahan yang diperlukan adalah air mineral, madu, dan garam kasar. Pertama-tama, tuangkan air mineral ke dalam gelas, lalu tambahkan madu secukupnya. Kemudian, tambahkan garam kasar seperlunya, dan aduk merata. Minuman yang satu ini akan terasa lebih segar apabila disajikan dalam keadaan dingin. Tidak kalah dengan sirup-sirup manis, air larutan madu dan garam ini juga punya rasa manis yang cocok untuk mengawali waktu buka puasa.

Sebagaimana diketahui, madu punya banyak mineral dan mengandung tujuh vitamin B kompleks serta kandungan vitamin C yang tinggi. Khasiat madu juga sangat ajaib bagi tubuh, mulai dari meningkatkan imunitas, menambah energi, hingga menjaga kesehatan jantung. Selain itu, menurut Zaidul Akbar, minuman ini bisa meredakan rasa pusing dan mual akibat masalah pencernaan selama berpuasa.

"Ini air Masya Allah sirup madu full mineral. Madu kita tahu sebagai sumber asam amino, airnya air mineral. Ini air madu dan garam salah satu resep paling mudah untuk mengatasi pusing-pusing waktu lagi berbuka atau menjelang buka puasa," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya