Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

Kelana Wastra Fashion Fest 2024
Sumber :
  • IFC

Jakarta – Kelana Wastra Fashion Fest 2024, yang diselenggarakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Acara berlangsung di Sarinah Thamrin Jakarta Pusat dari tanggal 25 hingga 28 April 2024, menjadi angin segar bagi pecinta fashion tanah air.

Tambah Dua VLGC, Pertamina International Shipping Jadi Top Tier Pengangkut LPG Asia Tenggara

Acara ini memamerkan karya desainer Indonesia yang mengolah kain tradisional Nusantara menjadi busana modern dan berkelanjutan.

Di atas runway Kelana Wastra Fashion Fest 2024, para desainer yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chamber (IFC) menunjukkan keahlian mereka dalam mentransformasi kain tradisional menjadi busana kekinian yang trendi.

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 5 Miliar pada Kuartal I-2024, Intip Sumer Cuannya

Peragaan busana ini tidak hanya memanjakan mata para pencinta fashion, tetapi juga membawa pesan penting tentang pelestarian budaya bangsa dan kelestarian lingkungan.

Salah satu desainer yang menonjolkan konsep sustainable fashion dalam koleksinya adalah Pricilla Margie. Koleksi Batik Betawi rancangannya dibuat dengan memperhatikan kelestarian lingkungan, mulai dari pemilihan material hingga pewarna yang digunakan.

Kehadiran Miss Mega Bintang Indonesia 2024 Menambah Keindahan Candi Sewu

Kelana Wastra Fashion Fest 2024

Photo :
  • IFC

"Kami membuat delapan looks runway untuk Kelana Wastra ini dengan mempertimbangkan konsep keberlanjutan. Jadi, mulai dari material hingga pewarna yang dipakai semua ramah lingkungan," ujar Pricilla saat ditemui di Mall Sarinah Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024.

Bagi Pricilla, fashion berkelanjutan bukan hanya tentang tren, tetapi juga tentang tanggung jawab terhadap Bumi. Dia ingin karyanya tidak hanya indah dan modis, tetapi juga minim dampak negatif terhadap lingkungan.

"Kami berusaha semaksimal mungkin untuk tidak menjadi kontributor perusak Bumi karena produksi fashion ini. Makanya, setiap proses produksinya ramah lingkungan," ujarnya.

Pricilla berharap karyanya dapat menginspirasi generasi muda untuk lebih menghargai budaya bangsa dan menjaga kelestarian lingkungan. Dia ingin busana ramah lingkungan ini tidak hanya diminati di pasar lokal, tetapi juga di mancanegara.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024

Photo :
  • IFC/Helsa Alvina

"Kami juga berharap apa yang kami ciptakan ini selain bisa menjaga alam, juga dapat diminati pencinta fashion khususnya generasi muda. Dengan begitu, busana yang ramah lingkungan ini sustain juga di pasar mode lokal maupun luar negeri," ucapnya.

Senada dengan Pricilla, National Chair Indonesian Fashion Chamber, Lenny Agustin, menyatakan bahwa IFC mendukung Kelana Wastra Fashion Fest 2024 untuk bersama-sama menjaga Bumi dan budaya Indonesia, sekaligus mengenalkan industri fashion lokal ke dunia.

"Wastra Indonesia adalah kekuatan dalam industri mode kita yang membuat berbeda dengan mode dari negara lain. Karena itu, adanya acara ini sangatlah positif dalam rangka menggalakkan pemakaian wastra lebih banyak dalam industri mode," kata Lenny.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024 tidak hanya menampilkan fashion show, tetapi juga berbagai acara menarik lainnya, seperti bazaar, talkshow, dan lomba desainer (School Fashion Design Competition).

Acara ini menjadi wadah bagi para desainer, pengrajin, dan pecinta fashion untuk berkumpul, berkolaborasi, dan melestarikan budaya bangsa melalui busana.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024 menunjukkan bahwa industri fashion Indonesia tidak hanya mampu menghasilkan karya yang indah dan trendi, tetapi juga dapat berkontribusi dalam pelestarian budaya dan kelestarian lingkungan. Acara ini menjadi bukti bahwa tradisi, modernitas, dan kelestarian lingkungan dapat berjalan beriringan dalam dunia fashion.

Penyelenggaraan Kelana Wastra Fashion Fest 2024, pada Jumat, 26 April 2024 tampil beberapa desainer IFC dalam Trunk Show Green and Trendy, diantaranya Batik Nyonya Indo by Priscilla Saputro, Pricilla Margie, Ratri Wijaya, Boldsession X Arra Jewelry, Listya Ayu, Hendri Budiman, Elly Virgo, Paradise Batik, dan Rengganis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya