Pertamina Targetkan Digitalisasi 413 SPBU di Sulawesi

Pengisian bahan bakar di SPBU Pertamina.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – PT Pertamina Marketing Operation Region atau MOR VII mengumpulkan 94 pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU di Sulawesi Utara. Mereka diberikan sosialisasi program digitalisasi SPBU di kantor Pertamina Cabang Sulutenggo pada hari ini.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Pertamina pun menargetkan digitalisasi dapat diterapkan pada 413 SPBU di seluruh wilayah Sulawesi. Dari total tersebut, sebanyak 63 SPBU berlokasi di Provinsi Sulawesi Utara.

General Manager MOR VII, Werry Prayogi menjelaskan, digitalisasi akan meningkatkan akurasi dalam penyaluran BBM. Melalui digitalisasi SPBU ini, jumlah BBM yang disalurkan melalui nozzle dicatat oleh sistem terkomputerisasi.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

"Sehingga, datanya lebih akurat dan handal. Konsumen mendapat tingkat akurasi pembelian BBM yang lebih tinggi," kata Werry dalam keterangan resminya, Selasa 18 Desember 2018.

Dengan sistem ini, lanjut dia, penyaluran BBM melalui nozzle dapat dimonitor mendekati waktu faktual (near real-time). Data penyaluran yang terkumpul di pusat data itu akan menghasilkan laporan. Selain itu, penghitungan dari penjualan BBM di setiap SPBU juga lebih cepat dan akurat.

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

Program digitalisasi SPBU ini, lanjut dia, juga disinergikan dengan aplikasi MyPertamina. Sehingga, setiap transaksi yang tercatat dalam sistem, dapat otomatis dikonversikan menjadi poin loyalti. "Konsumen, kemudian dapat menukarkan poin tersebut dengan beragam hadiah maupun kenyamanan yang menarik," katanya.

Program Digitalisasi SPBU dan MyPertamina disebut, merupakan salah satu bentuk dukungan Pertamina dalam program pemerintah Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), melalui pembayaran digital.

Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Selama periode Satgas RAFI dibandingkan normal untuk Avtur naik sekitar 10,7%. Peningkatan ini lebih tinggi dibandingkan proyeksi awal yang kami hitung.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024