KCI Datangkan 356 KRL dari Jepang untuk Operasional Jabodetabek

KRL melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mendatangkan hingga 356 unit Kereta Rel Listrik (KRL) dari Jepang hingga 2020 untuk dioperasikan di jaringan KRL Jabodetabek.

Lewat Aplikasi Ini, KAI Kini Antar Jemput Penumpang Sampai Rumah

Menurut Direktur Utama PT KCI, Wiwik Widayanti, kedatangan rangkaian-rangkaian KRL itu sudah berlangsung sejak 2018.

"Dari 2018 sudah datang 100 KRL. Kemudian di 2019 juga 100 sisanya. Akan datang lagi juga di 2020. Total 356 KRL yang kami beli lagi dari Jepang," ujar Wiwik dalam konferensi pers di Hotel DoubleTree, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Desember 2018.

Puncak Arus Balik Libur Panjang Penumpang Kereta Api Diprediksi Besok

Wiwik menyampaikan, PT KCI mengejar target pencapaian jumlah penumpang yang diangkut dengan penambahan rangkaian itu. Pemerintah membebani KCI target untuk bisa mengangkut rata-rata 1,2 juta penumpang per hari pada 2019 dengan semua rangkaian yang beroperasi.

"Saat ini kita masih pada tahap rata-rata 997 ribu hingga 1 juta penumpang saja per harinya," ujar Wiwik.

Libur Panjang, KAI Tambah Perjalanan Kereta Jarak Jauh

Selain itu, Wiwik berharap pada peran pemangku kepentingan lain di bidang transportasi supaya target yang tinggi itu tercapai. Sejumlah proyek yang juga sedang dikerjakan untuk meningkatkan kapasitas transportasi umum itu adalah pengerjaan double-double track, hingga penataan stasiun-stasiun KRL.

"Kami berharap agar pekerjaan-pekerjaan yang nantinya akan memberikan dampak pada peningkatan angkutan juga selesai," ujar Wiwik. (art)

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama National Pooling

BRI Jalin Sinergi dengan KAI dan dalam Fasilitas Notional Pooling

BRI terus memperluas dan mengembangkan layanan perbankan melalui sinergi dengan BUMN menggandeng KAI beserta anak usahanya kerja sama fasilitas National Pooling.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022