Girangnya Ignasius Jonan PLTU Paiton Dapat PROPER Emas

Para siswa aksi bersih-bersih pantai dalam acara CCU di pantai dekat PLTU Paiton
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM, Ignasius Jonan mengaku senang dengan pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU Paiton yang memperoleh PROPER Emas tahun 2018. PROPER Emas adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup kepada perusahaan yang berkontribusi dalam pengelolaan lingkungan. 

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

PROPER Emas yang diperoleh PLTU Paiton ialah Unit Induk 1 dan 2. Selain di lingkungan pembangkit, perusahaan yang mengelola PLTU Paiton, Pembangkitan Jawa dan Bali atau PJB juga mengarahkan Corporate Social Responsibility atau CSR-nya pada pengelolaan lingkungan yang baik. Salah satunya pengembangan terumbu karang dan destinasi wisata di pantai Binor. 

"Paiton salah satu Kompleks PLTU terbesar di Jawa akan menjadi sensitif apabila pengelolaan lingkungannya tidak baik, sudah terbukti Paiton 1 dan 2 berhasil melakukannya," kata Menteri Jonan saat berkunjung ke PLTU Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur pada Selasa, 8 Januari 2019. 

Krisis Energi, Presiden Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

Jonan mengatakan, polusi udara yang dihasilkan dari sisa produksi PLTU Paiton bisa terus diturunkan melalui temuan teknologi. Dia senang pembangkit listrik terbesar se-Asia Tenggara itu bisa menerapkan itu. "Kinerja yang dilakukan PJB dalam menjalankan PLTU Paiton sangat baik dan itu harus terus ditingkatkan," kata dia.

Direktur Utama PT PJB, Iwan Agung Firstantara menyampaikan bahwa PROPER Emas yang diperoleh PLTU Paiton adalah sinergi yang berkelanjutan antara korporasi dengan masyarakat di sekitar wilayah pembangkit. Terumbu karang yang hanya sekitar 750 Meter dari bibir pantai PLTU tetap terawat dan menjadi destinasi wisata baru yang menjadi tambahan pendapatan bagi masyarakat Desa Binor dan sekitarnya.

Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

Berkat pemberdayaan dan edukasi yang dilakukan PT PJB UP Paiton, kesadaran menjaga kelestarian lingkungan menjadi budaya baru di lingkungan masyarakat sekitar. "Nelayan sekarang menggunakan metode baru yang lebih ramah lingkungan, sehingga menjamin keberlangsungan populasi ikan dan lestarinya keanekaragaman hayati laut," ujar Iwan.

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melalui anak perusahaan PT Indonesia Power atau IP dan PT PJB berhasil meraih PROPER Emas dalam ajang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutahan KLHK tahun 2018. Penghargaan sama diperoleh PJB tahun 2017.

RUPST Toba Energi Utama.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Emiten energi PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengumumkan, laba bersih perseroan tercatat sebesar US$20,8 juta pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024