Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tengah)
Sumber :
  • PLN

VIVA – PT PLN (Persero) sukses menyediakan pasokan listrik andal selama periode siaga Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah yang terhitung sejak 3 April hingga 19 April 2024. Selama masa siaga tersebut, Beban Puncak nasional tertinggi mencapai 42.948 megawatt (MW) dengan Daya Mampu Pasok sebesar 52.916 MW.

Dukung Hilirisasi Nikel, PLN Pasok Listrik Smelter dari Energi Terbarukan

Ket. Photo: Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kelima dari kanan) ketika menginspeksi SPKLU rest area tol Jakarta - Merak km 13,5 di Tangerang, Banten didampingi Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN, Evy Haryadi (kanan), Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesly (keempat dari kiri), Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi (ketiga dari kiri), GM PLN UID Banten, Abdul Mukhlis (keempat dari kanan), GM PLN UID Jakarta Raya, Lasiran (kedua dari kanan), dan GM PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia (kedua dari kiri). Tidak hanya pasokan listrik, PLN juga memastikan 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh tanah air siap melayani kebutuhan arus mudik dan arus balik selama periode Lebaran 2024.

Institut Teknologi PLN Buka Penerimaan Mahasiswa Baru

Sementara, pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H (10/4), Beban Puncak mencapai 31.212 MW. Beban puncak tersebut tumbuh sebesar 3,53% jika dibandingkan dengan Hari Raya Idul Fitri pada tahun sebelumnya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, keandalan listrik selama momen Ramadan dan Idul Fitri 1445 H tak lepas dari sejumlah langkah mitigasi dan kesiagaan personel PLN Group baik pada sisi pembangkit, transmisi, maupun distribusi.

BMW X2 Versi Listrik Bakal Meluncur di Indonesia

"Kami bersyukur momen Ramadan dan Idul Fitri pada tahun ini dapat dilalui dengan lancar tanpa ada kendala khususnya dari sektor kelistrikan. Selain karena persiapan yang telah dilakukan, ini juga tak lepas dari kesiapsiagaan lebih dari 81 ribu insan PLN Group di seluruh penjuru tanah air," ujar Darmawan.

Ket. Photo: Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tiga dari kanan) bersama petugas PLN Nusantara Power ketika mengecek jetty yang menjadi lokasi bongkar muat batubara di PLTU Paiton pada Jumat (5/4). Dirinya memastikan langsung ketersediaan energi primer pada masa siaga Ramadan dan Idul Fitri 1445 H dalam kondisi yang aman.

Darmawan melanjutkan, tidak hanya pada masa siaga hari raya lebaran, PLN berkomitmen akan terus menjaga keandalan pasokan listrik di masa mendatang.

Pada masa siaga kelistrikan nasional Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, PLN menyiagakan lebih dari 81 ribu personel yang betugas di 2.766 posko di seluruh titik vital kelistrikan dan pusat kegiatan publik di seluruh tanah air.

Para personel tersebut dilengkapi dengan 1.731 unit genset, 735 unit Uninteruptible Power Supply (UPS), 1.206 Unit Gardu Bergerak (UGB), 188 Unit Kabel Bergerak (UKB)/Unit Kabel dan Kubikel Bergerak (UKKB), 19 unit Trafo Mobile, 33 unit Emergency Restoration System (ERS), 395 unit crane, 3.756 unit mobil operasional dan 3.318 sepeda motor operasional.

Ket. Photo: Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tengah) bersama petugas PLN Nusantara Power ketika mengecek langsung kondisi generator PLTU Paiton, di Probolinggo, Jawa Timur, pada Jumat (5/4).

PLN juga sigap mengatasi gangguan kelistrikan akibat bencana alam yang terjadi selama periode siaga Ramadan dan Idul Fitri 1445H. Kesiapsiagaan personel PLN telah berhasil membuat suplai listrik kembali normal dengan cepat di setiap lokasi terdampak bencana alam.

Kesuksesan PLN dalam menjaga keandalan listrik selama momen lebaran juga ditopang oleh faktor digitalisasi pelayanan pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile. Tiap terjadi gangguan atau kebutuhan terkait layanan ketenagalistrikan, pelanggan dapat langsung melaporkan melalui PLN Mobile dan petugas dengan sigap langsung menindaklanjutinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya