Kementerian PUPR Ungkap Proyek Tol yang Belum Rampung di Era Jokowi

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (kiri)
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjabarkan sejumlah proyek yang masih dalam progres pengerjaan saat ini. Proyek-proyek tersebut pun dipastikan tidak akan rampung hingga masa Jabatan Presiden Joko Widodo selesai pada Oktober 2019. 

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, salah satu proyek yang masih dalam tahap pengerjaan dengan target rampung 2020 mendatang, adalah jalan tol  tol Cigatas atau tol yang menghubungkan Cileunyi, Garut, Tasik.

"Yang prioritas itu tol Cigatas, Cileunyi-Garut-Tasik. Nanti langsung ke Cilacap dan Bogor, juga akan mengikuti itu, Bogor-Cianjur-Bandung," kata Basuki di kantornya, di Jakarta, Senin 11 Februari 2019.

Jokowi Singgung Peluang Besar Industri Kendaraan Listrik di Indonesia

"Saat ini, kita lagi urus penlok (Peta lokasi) nya untuk yang Cigatas, baru nanti Bogor-Bandung," ujarnya.

Selain itu, ada pula proyek jalan tol yang digeber sebelum masa jabatan Jokowi peride 2014-2019 selesai. Yaitu, jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Bocimi, kemudian tol Pasuruan-Banyuwangi.

Prabowo Ingin Bentuk Presidential Club, Jokowi: Bagus, 2 Hari Sekali Ketemu

"Itu semua harus selesai. Kemudian, Terbanggi Besar-Kayu Agung-Palembang, itu juga harus selesai. Jadwalnya sih Juni 2019, sudah akan rampung," ujarnya.

Sementara itu, untuk proyek-proyek apa saja yang sudah rampung, Basuki menyebut bahwa tol Bakauheni-Terbanggi Besar saat ini sudah selesai, dan diharap bisa diresmikan pada Februari 2019 ini.

"Lalu, tol Pasuruan-Probolinggo, itu juga sudah selesai, tinggal perlu diresmikan. Saya kira, kemarin kan sudah ada yang fungsional itu sepenggal," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya