Jajal MRT, Menteri Basuki: Lebih Bagus dari Singapura dan Jepang

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Dirut MRT Jakarta William Sabandar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjajal Moda Raya Terpadu atau MRT Jakarta. Menurut Basuki, MRT Jakarta ini sudah baik dan tak kalah bagus dengan MRT di negara lain.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Saya kira mudah-mudahan kita sepakat bahwa kesan kita terhadap MRT ini, kalau dengan MRT-MRT dengan negara lain, ini termasuk MRT yang baik. Tidak kalah dengan Singapura, dengan Jepang," kata Basuki di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Rabu, 13 Maret 2019.

Basuki mengatakan, saat ini progres pembangunan MRT Jakarta sudah hampir rampung. Saat beroperasi penuh nanti, dia berharap masyarakat dapat memanfaatkannya dengan maksimal.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Lebih dari itu, Basuki menilai hadirnya MRT Jakarta dapat mengubah sikap dan perilaku masyarakat Jakarta. Contohnya dalam hal kebersihan.

"Kenapa? Saya kira dari segi stasiun ada eskalatornya, tempatnya lebih bersih. Ini adalah salah satu kelemahan kita untuk jaga kebersihan. Ini harus keras sekali. Tidak ada toleransi untuk kebersihan," katanya.

Wali Kota Berharap Proyek MRT 'Beneran' Sampai Tangsel: Itu Kita yang Usul

Selain itu, tambah Basuki, dengan adanya pembangunan MRT tahap II dan tahap III nanti maka masyarakat selain dari Jakarta bisa ikut merasakan moda transportasi ini. Dengan begitu, MRT ini akan lebih terasa manfaatnya oleh banyak pihak.

"Ini baru 16 km dari Lebak Bulus ke HI. Nanti akan kita teruskan dari HI ke Kampung Bandan kira-kira 8 km. Itu pun belum maksimal. Nanti akan lebih terasa manfaatnya kalau dari Kembangan ke Bantar Gebang dibangun, itu akan lebih dirasakan manfaatnya moda transportasi MRT ini," katanya.

Apalagi, kata Basuki, jika setiap stasiun ada fasilitas parkir maka masyarakat akan menggunakan moda transportasi MRT untuk menuju ke suatu tempat.

"Nanti kalau ada park and ride tidak usah dipaksa pasti orang akan naik MRT. Jadi ini saya kira perlu dukungan kita semua. Prasarana transportasi publik ini perlu kita manfaatkan," tuturnya. (art)

Pengen lihat apa saja fasilitas yang ada di MRT Jakarta? Ternyata keren juga lho. Lihat dalam video di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya