Investasi Rp2,84 Triliun, PLTU Ini Dibangun Tanpa Kecelakaan Kerja

Proyek IPP PLTU Kendari III, di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Dalam pembangunan Independent Power Producer atau IPP Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTU Kendari III, PT DSSP Power Kendari, berhasil menjaga nihil kecelakaan kerja dan mencapai lima juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja.

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

Atas capaian itu pada Agustus 2017 lalu, PT DSSP Power Kendari telah meraih penghargaan yang sama dalam pencapaian satu juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja dari Disnakertrans Sulawesi Tenggara.

Manajemen PT DSSP Power Kendari, Awaludin Latif Shaubari mengatakan, nihilnya kecelakaan kerja dalam proyek PLTU ini, karena menerapkan sistem manajemen K3, serta memaksimalkan efisiensi dan efektivitas kerja dalam dukung peningkatan daya saing perusahaan.

Brigjen Sharif Tuding Israel Berbohong Pembangkit Listriknya Rusak Usai Serangan Iran

“Melalui penerapan program K3 secara konsisten dan berkesinambungan, kemungkinan terjadinya risiko kecelakaan diharapkan dapat diminimalisir,” kata Awaludin dalam keterangannya dikutip, Jumat 29 Maret 2019. 

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Tenggara, Saemu Alwi mengatakan, pelaksanaan dan pengawasan K3 penting untuk minimalkan risiko kecelakaan kerja yang bisa menyebabkan kematian.

Strategi PLN Indonesia Power Pastikan Pasokan Listrik saat Mudik Lebaran Aman

Selain itu, penerapan k3 juga mengatasi kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, selain meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. 

"Saya menekankan semua pihak dapat melakukan upaya konkret terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing sehingga budaya K3 dapat terwujud di setiap wilayah kerja di Sulawesi Tenggara," ujarnya.

Perlu diketahui, PT DSSP Power Kendari adalah perusahaan IPP PLTU berkapasitas 2x50 Megawatt yang berlokasi di Tanjung Tiram, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

PT DSSP adalah anak perusahaan tidak langsung dari PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA), salah satu perusahaan Sinarmas yang berfokus pada bisnis energi dan infrastruktur. 

IPP PLTU ini dibangun dengan nilai investasi sekitar US$200 juta atau setara Rp2,84 triliun. Proyek IPP PLTU ini dibangun di atas lahan seluas 16 hektare yang diperkirakan dapat beroperasi secara komersial pada 2019.

Proyek IPP PLTU Kendari III merupakan satu dari tiga proyek IPP PLTU milik DSSA. Selain IPP PLTU Kendari III, DSSA memiliki dua proyek IPP PLTU lain, yaitu IPP PLTU Sumsel V berkapasitas 2x150 MW di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, dan IPP PLTU Kalteng I berkapasitas 2x100 MW di Gunung Mas, Kalimantan Tengah. DSSA juga memiliki empat captive power plant yang terletak di Serang, Tangerang, dan Karawang. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya