Resmi Beroperasi, Simak Sederet Manfaat Bendungan Karian

Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Karian
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bendungan Karian di Banten, yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Adanya bendungan ini akan memberikan sederet manfaat sebagai irigasi bagi sawah, pengendali banjir, hingga pembangkit tenaga listrik.

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

Adapun proyek Bendungan Karian dibangun dengan total investasi sebesar Rp 1,8 triliun, yang dikerjakan secara joint operation bersama DAELIM (Korea Selatan) dengan porsi 51 persen. Kemudian PT Waskita Karya (Persero) Tbk 22 persen, dan Wijaya Karya 27 persen. Sehingga Waskita memiliki porsi sebesar Rp 396 miliar.

Bendungan Karian

Photo :
  • Dok. PUPR
Cek Bendungan di Gorontalo Bareng Rachmat Gobel, Jokowi: Proyeknya Selesai Akhir 2024

Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Hanugroho menjelaskan, proyek yang menggunakan dana hibah dari Economic Development Cooperation Fund (EDCF) Korea Selatan dan APBN ini merupakan bendungan terbesar ketiga di Indonesia dan menjadi langkah positif bagi Pemerintah untuk kelola air dan energi.

“Bendungan Karian merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional dan menjadi bendungan terbesar ketiga di Indonesia setelah Bendungan Jatiluhur dan Bendungan Jatigede, memiliki area genangan seluas 1.773 Ha dengan daya tampung bruto sebesar 314,7 juta m³ dan daya tampung efektif sebesar 207,48 juta m³,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Bendungan Karian juga memiliki beberapa manfaat dia ntaranya, dapat menjadi suplesi untuk Daerah Irigasi (D.I.) Ciujung seluas 22.000 Ha.

Brigjen Sharif Tuding Israel Berbohong Pembangkit Listriknya Rusak Usai Serangan Iran

Kemudian penyedia air baku untuk Kabupaten Lebak, Kota dan Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Provinsi DKI Jakarta sebesar 9,1 m³/detik, dan juga sebagai pasokan air baku untuk Kota Cilegon serta Kabupaten Serang sebesar 5,5 m³/detik.

”Seperti yang disampaikan bapak Presiden, Bendungan Karian juga bermanfaat sebagai pengendali banjir dengan kemampuan reduksi sebesar 657,5 m³/detik serta berpotensi menjadi pembangkit energi listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) sebesar 1,8 MW. Harapannya bendungan ini juga dapat menjadi destinasi wisata air dan argo ekonomi untuk masyarakat setempat,” terangnya.

Proyek Bendungan atau Waduk Karian di Rangkasbitung, Banten

Photo :
  • Dok Kementerian PUPR

Hanugroho berharap, dengan hadirnya Bendungan Karian ini menjadi pemerataan pembangunan infrastruktur bagi daerah di Indonesia serta kesejahteraan bagi masyarakat Banten.

”Perseroan juga terus berkomitmen untuk menyelesaikan proyek PSN dan non PSN dengan tepat waktu dan mutu yang baik,” imbuhnya.

Sebelumnya Jokowi menegaskan, bendungan ini juga bermanfaat bagi pengendali banjir di Kabupaten Serang dan Kecamatan Rangkasbitung. 

“Bendungan ini juga berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik tenaga mikrohidro yang menghasilkan listrik 1,8 MW,” terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya