Menlu Korsel Kunjungi Indonesia Awal Pekan Depan, Ini yang Dibahas

Menlu Retno Marsudi di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

VIVA – Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kang Kyung-wha akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi di Indonesia pada Senin mendatan, 8 April 2019. Kunjungan ini, merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Negeri Ginseng itu pada September 2018.

Rombongan Jokowi Berangkat ke Korsel Rayakan 30 Tahun ASEAN-Rok

Direktur Jenderal Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri, Desra Percaya mengatakan, pertemuan ini akan melihat sejauh mana implementasi kerja sama antara kedua negara, setelah status hubungan ditingkatkan menjadi special strategic partnership pada 2017.

"Dalam pertemuan tersebut akan dibahas hubungan bilateral, kerja sama ekonomi perdagangan. Kemudian, investasi maritim energi infrastruktur kesehatan kehutanan dan kerja sama pembangunan hingga buruh migran," ungkap Desra di Kemlu, Jakarta, Jumat 5 April 2019.

Korsel Bangun Pabrik Kabel Listrik Rp685 Miliar di Karawang

Pertemuan ini juga akan mendiskusikan situasi yang berkembang saat ini di kawasan Asia. Pada Senin siang, lanjut dia, juga akan dilakukan bincang bersama milenial untuk memberikan inspirasi kepada perempuan muda. Sebab, Kang Kyung-wha adalah Menlu Korea perempuan pertama.

"Pertemuan ini, diharapkan jadi inspirasi dan akan berperan aktif dalam hubungan kedua negara," kata dia.

Ikuti 5 Tips Ini Saat Berkunjung ke Korea Selatan

Sementara itu, Juru Bicara Kemenlu, Arrmanatha Nasir mengatakan, selain isu bilateral, isu regional lainnya juga akan dibahas. Misalnya, proses perdamaian di Semenanjung Korea hingga Indo Pasifik.

"Tidak menutup kemungkinan, kedua menteri akan membahas perkembangan yang ada di semenanjung Korea. Biasanya, ini akan menjadi suatu topik, oleh kedua menteri," katanya.

Ia menambahkan, untuk pembahasan Indo Pasifik, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi baru saja menyelesaikan high level dialog. "Bu Menlu, akan men-share apa yang menjadi perhatian para peserta dan hasil dari pertemuan tersebut," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya