Tiket Pesawat Mahal, Dua Juta Mobil Bakal Lewati Tol Tamer Saat Mudik

Gerbang ASTRA Tol Tangerang-Merak
Sumber :
  • VIVA/Lutfi

VIVA – Jelang arus mudik dan balik Lebaran 2019, Astra Tol Tangerang-Merak memprediksi sebanyak dua juta kendaraan akan memadati Tol Tangerang-Merak atau meningkat sekitar 16 persen dari periode yang sama pada 2018.

Rampungkan Tol Kapal Betung, Anak Waskita Karya Dapat PMN Rp5 Triliun

Presiden Direktur, Krist Ade Sudiyono mengatakan, hal itu setelah Pemerintah melakukan pemerataan infrastruktur jalan pada moda transportasi darat, ditambah harga tiket pesawat yang masih mahal.

"Saat ini tiket pesawat masih mahal, namun masyarakat jangan khawatir, karena pemerintah juga menyeimbangkannya dengan pemerataan infrastruktur darat. Bahkan dengan konektivitas jalur tol khususnya tol lintas Sumatera dan trans Jawa," katanya.

Kangen Liburan? Yuk Cuci Mata dengan Panorama Indah di Jalan Tol Ini

Terkait dengan puncak arus mudik diprediksi akan terjadi di H-5 pada malam hari khususnya yang menuju Pelabuhan Merak, Banten. 

Dengan rincian diprediksi akan ada 173.900 kendaraan yang melintas di tol Tangerang-Merak di puncak arus mudik, yaitu diprediksi pada Jumat, 31 Mei 2019 dan H-3 atau pada Minggu, 2 Juni 2019.

3 Menteri Sidak, Konstruksi Tol Cisumdawu Capai 92,35 Persen

Di mana, jumlah tersebut meningkat dari 162.900 kendaraan di puncak mudik 2018, serta mengalami peningkatan sebesar 19,3 persen bila dibandingkan dengan rata-rata lalu lintas harian yang berada di angka 145.749 kendaraan. Sementara, arus balik diprediksi puncaknya pada H+3 atau 9 Juni 2019.

Adanya hal tersebut, pihaknya melakukan berbagai kesiapan pelayanan tol seperti menyiapkan lajur ke tiga ruas Balaraja Barat sampai dengan Cikande, di mana sebelumnya telah dioperasikan lajur ke empat ruas Cikupa sampai dengan Balaraja Barat.

Serta, pemasangan Gardu Transaksi Otomatis (GTO) sebanyak 15 unit gardu entrance, 11 unit gardu unit exit dan tiga unit GTO pada gardu ramp.

"Layanan kami juga terjadi pada infrastrukturnya di mana menambah 16 unit warning light yang semula 77 unit menjadi 93 unit dan 1.666 penerangan jalan umum untuk menambah kenyamanan," ujarnya. (ben)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya