Harga Daging Ayam Ras Turun Juni, BPS: Bukan soal Oversupply

Pedagang ayam potong melayani pembeli di pusat pasar daging.
Sumber :
  • ANTARA/Rahmad

VIVA – Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat, harga daging dan telur ayam ras pada Juni 2019, yang mengalami penurunan harga dan menyumbang deflasi sebesar 0,02 persen, tidak mampu meredam inflasi untuk sektor bahan makanan yang sebesar 1,63 persen.

Resep Gampang Masak Nugget Ayam di Rumah, Dijamin Anak Pasti Suka

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, pada bulan itu, untuk daging ayam ras sendiri mengalami penurunan harga rata-rata sebesar 1,5 persen dibanding Mei 2019. Penurunan harga terjadi di 49 kota, dari 82 kota yang menjadi Indeks Harga Konsumen (IHK).

"Daging ayam ras turun harga 1,5 persen sehingga andilnya 0,02 persen. Dari 82 kota, terjadi penurunan harga di 49 kota IHK, tertinggi di Jember 0,19 persen," kata dia dikantornya, Jakarta, Senin 1 Juli 2019.

Daftar Harga Pangan 5 April 2024: Cabai dan Telur Ayam Naik Jelang Lebaran

Adapun untuk harga telur ayam ras, lanjut dia, mengalami penurunan harga rata-rata 2,01 persen di banding rata-rata harga pada Mei 2019. Penurunan harga tertinggi terjadi di Bau-Bau, sebesar 0,19 persen.

Meski begitu, Suhariyanto mengatakan, turunnya harga daging dan telur ayam ras pada bulan itu, bukan karena adanya kelebihan pasokan (oversupply) dari dua komoditas tersebut, melainkan karena turunnya permintaan setelah Mei 2019.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

"Jadi, bukan soal oversupply, tetapi permintaan yang menurun, karena Lebarannya sudah habis. Kalau kita lihat seperti saya bilang Ramadan, karena full di Mei, permintaan ayam ras dan telur tinggi. Tapi di Juni, karena puasanya di awal Mei, maka permitaan turun," ungkap dia.

Sebagai informasi, pada Mei 2019, BPS mencatat bahwa harga daging dan telur ayam ras memang menyumbang inflasi sebesar 0,05 persen untuk bahan makanan yang inflasi 2,02 persen.

Ilustrasi- Pedagang cabai merah di pasar.

Daftar Harga Pangan 3 Mei 2024: Cabai Merah, Gula hingga Daging Sapi Naik

Harga pangan terpantau mengalami kenaikan. Beberapa komoditas yang alami kenaikan di antaranya cabai merah keriting, daging sapi, telur ayam, hingga gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024