Nipress Pasok Baterai Lithium untuk Program PJU-TS Kementerian ESDM

Lampu penerangan jalan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan salah satu program prioritas nasional untuk pemasangan di lebih 45.000 titik baru lampu Penerangan Jalan Umum–Tenaga Surya (PJU-TS) di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Program pro lingkungan yang telah dijalankan sejak 2018 itu, telah memasang puluhan ribu lampu PJU-TS di seluruh Indonesia

Pakai Koper Pintar di Bandara Kini Harus Patuhi Aturan Internasional, Ini Ketentuannya

Program ini sebagai bentuk implementasi dari kebijakan nasional pro lingkungan dari Pemerintah Indonesia era Presiden Joko Widodo untuk mengurangi gas efek rumah kaca, dan pemasyarakatan pemanfaatan sumberdaya energi baru terbarukan. 

Proyek ini dikejar pelaksanaannya oleh pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM, sejalan dengan target nasional bahwa bauran EBT diharapkan hingga 23 persen dari energi nasional di 2025 nanti.

95 Persen LFP Diproduksi di China, Ungkap Eks Mendag

Produsen baterai lithium pertama di Indonesia, PT Nipress Tbk (NIPS), menyatakan siap mendukung pelaksanaan proyek nasional pemasangan lampu PJU-TS dari Kementerian ESDM periode kerja 2020.

“PT Nipress siap mendukung program PJU-TS untuk periode 2020. Melalui penyediaan baterai lithium produksi kami yang selama ini sudah terbukti kehandalan dan keawetan dalam penggunaannya di seluruh Indonesia,” ujar  Kadiv PT Nipress Tbk, Rachmad Setiawan, dikutip dari siaran persnya di Jakarta, Rabu 18 Maret 2020.

EV Battery Types: Nickel vs LFP, What's the Difference?

Menurut Rachmad, PT Nipress bermerek NS telah digunakan di lebih 5 ribu titik PJU-TS di seluruh wilayah Indonesia, sejak program PJU-TS ini digulirkan pada 2014. 

“Rata-rata produk kami bisa awet hingga 5-7 tahun pemakaian. Sehingga efisien dan ekonomis. Kebijakan Kementerian ESDM baru dengan menggunakan baterai Lithium pada PJU-TS 2020 ini sangat kami dukung. Karena akan membuat life time PJU-TS lebih lama dan lebih aman,” ujar Rachmad.

Kementerian ESDM merencanakan akan menggantikan jenis baterai Lead Acid menjadi baterai
Lithium untuk semakin meningkatkan life time panel PJU-TS. Kelebihan baterai lithium juga ramah lingkungan dan relatif lebih aman. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya