Kemenhub Siapkan Tiga Moda Transportasi Massal untuk Ibu Kota Baru

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVAnews - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memastikan pihaknya akan membangun dan mengembangkan sejumlah moda transportasi massal di Kalimantan Timur, yang telah dipilih Presiden Jokowi sebagai ibu kota baru nantinya.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Sejumlah infrastruktur transportasi yang akan dibangun dan dikembangkan oleh Kemenhub di ibu kota baru itu misalnya adalah jenis angkutan massal seperti Moda Raya Terpadu (MRT), Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT).

“Jadi pembangunan ini merupakan rencana jangka panjang. Kita akan bangun secara bertahap,” kata Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Kamis 29 Agustus 2019.

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

Budi memastikan, penyiapan sejumlah infrastruktur angkutan massal di ibu kota baru itu akan dibuat terintegrasi dan ramah lingkungan.

“Kami akan siapkan konektivitas transportasi yang terintegrasi antar modanya, melalui angkutan massal dan berkonsep ramah lingkungan atau minim emisi,” ujarnya.

Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

Dia juga memastikan, pihaknya akan terus berkomitmen untuk mengutamakan pembangunan infrastruktur transportasi massal, agar di ibu kota baru nanti angkutan massal bisa menjadi pilihan utama bagi mobilitas masyarakat.

“Kita konsisten untuk transportasi massal demi menekan penggunaan kendaraan pribadi. Kalau pun ada kendaraan pribadi, saya inginkan kendaraan bertenaga listrik yang beroperasi,” kata Budi Karya.

Selain itu, untuk aspek penunjang lainnya terkait infrastruktur transportasi udara dan laut, Budi Karya memastikan bahwa hal itu juga akan dibangun dan dikembangkan pihaknya sebagaimana infrastruktur transportasi darat tersebut.

"Pengembangan bandara dan pelabuhan pun akan dilakukan untuk mendukung konektivitas transportasi dari dan ke Kalimantan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya