Harga Anjlok, Ganjar Perintahkan PNS Beli Sayuran Langsung dari Petani

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • VIVAnews/ Dwi Royanto.

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggerakkan para aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemerintah provinsi untuk membeli sayuran langsung dari para petani. Hal ini dilakukan lantaran harga sayuran yang dipanen petani turun drastis.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Hari ini lagi kita gerakkan PNS. Kita sudah dapat harga-harga sayur, kita akan beli sayuran petani itu langsung dengan harga umum," kata Ganjar usai meresmikan bus Transjateng koridor Solo-Sragen di Balai Kota Solo, Kamis, 3 September 2020.

Menurut Ganjar, untuk membeli sayuran hasil panen petani itu tidak menggunakan anggaran subsidi negara. Tetapi, para ASN itu membeli berlandaskan asas kerelaan hati untuk membantu para petani yang sedang mengalami penurunan harga hasil panen sayuran.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Baca juga: Soal Dewan Moneter, Faisal Basri: Pajak Anjlok, Kenapa BI Diobok-obok?

"Tapi subsidinya tidak dari negara, subsidinya dari keikhlasan PNS," ujarnya.

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Lantas, Ganjar pun ke depan menginginkan agar gerakan tersebut tidak hanya di lingkungan ASN Pemprov Jawa Tengah, namun juga menyebar hingga para ASN di kabupaten dan kota yang ada di provinsi yang dipimpinnya itu.

Adanya gerakan tersebut diharapkan dapat membantu para petani yang sedang mengalami kerugian lantaran harga panen sayuran anjlok di pasaran.

"Kita lagi mulai, mudah-mudahan di kabupaten kota juga mengikuti. Nggak usah banyak-banyak, kalau kita ikut membeli sehari Rp20.000 saja langsung kepada petani pasti sangat membantu," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya