Mentan Jamin Stok 12 Bahan Pangan Ini Aman hingga Akhir 2020

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.
Sumber :

VIVA – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo memastikan, stok 12 bahan pangan yang menjadi dasar ketahanan pangan aman untuk 2020. Bahan pangan ini adalah kebutuhan pokok masyarakat Indonesia.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Hal itu diutarakan Syahrul, dalam sesi webinar bertajuk 'Menakar Ketahanan Pangan di Masa Pandemi dan Ancaman Resesi', yang digelar oleh Forum Diskusi Denpasar Duabelas.

"Kondisinya (stok 12 bahan pangan) untuk tahun 2020 ini, Insya Allah tetap aman dan dapat dikendalikan dengan baik," kata Syahrul dalam telekonferensi, Rabu 30 September 2020.

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Syahrul merinci, kedua belas bahan pangan tersebut adalah beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, dan cabai rawit. Kemudian, daging sapi, daging kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, serta minyak goreng.

Meski demikian, Syahrul mengakui bahwa dari kedua belas bahan pangan dasar tersebut, hingga saat ini terdapat dua jenis komoditas yang masih belum bisa dipenuhi secara mandiri oleh pemerintah.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Keduanya yakni bawang putih dan daging sapi, yang diakuinya masih bergantung pada impor untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

"Memang ada sejumlah bahan pangan yang belum menjadi kedaulatan dan kemandirian ketahanan pangan, yaitu bawang putih yang masih impor dan daging sapi yang juga kita masih impor," ujar Syahrul.

"Tetapi dalam hitung-hitungan dan perkiraan yang ada, kami memastikan bahwa semuanya masih akan tersedia dengan baik untuk tahun 2020 ini," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya