Bank Indonesia Dapat Penghargaan Bank Sentral Terbaik Asia Pasifik

Gedung Bank Indonesia (tampak depan)
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA – The Asian Bankers memberikan penghargaan bank sentral terbaik atau The Best Macroeconomic Regulator in Asia Pacific kepada Bank Indonesia (BI).

BI Sediakan Rp13 Miliar Kas Keliling di 5 Pulau Terluar Papua

BI dianggap berhasil dalam menjaga stabilitas makroekonomi Indonesia di tengah kondisi ketidakpastian yang tinggi akibat pandemi COVID-19.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko, mengatakan, penghargaan diserahkan secara virtual pada Kamis, 15 Oktober 2020 dalam acara Leadership Achievement Award 2020.

19 Pelestari Budaya Raih Penghargaan Nusantara Awards 2024, Diserahkan Menkumham

"The Asian Bankers memandang Bank Indonesia telah menunjukkan keunggulan dalam mengelola kinerja makroekonomi," kata Onny dikutip dari keterangan resmi, Jumat, 16 Oktober 2020.

Baca juga: UU Ciptaker Sederhanakan Aturan Bisnis Penerbangan, INACA: Nafas Segar

Kasih Ruang Karier dan Promosikan Puluhan Ribu Karyawan, Intip Strategi IWIP

Onny menyebutkan beberapa hal yang menjadi pertimbangan keputusan The Asian Bankers untuk memberikan penghargaan tersebut kepada BI.

Pertama, kinerja makroekonomi pada 2019 yang baik tercermin antara lain dari pertumbuhan ekonomi yang kuat, dan inflasi yang terjaga rendah, serta stabil dalam rentang sasaran inflasi selama lima tahun berturut-turut

Kedua, prospek perekonomian yang menguat pada 2021 didukung perbaikan ekonomi global dan dampak positif stimulus moneter dan fiskal.

Ketiga, sinergi kebijakan yang dilakukan secara nasional dengan pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KKSK) untuk menjaga stabilitas dan mendukung pemulihan ekonomi.

Keempat, implementasi kebijakan Bank Indonesia melalui bauran kebijakan akomodatif untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Kelima, penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 oleh Bank Indonesia guna memastikan keberlangsungan tugas dan kelancaran pelayanan publik.

"The Best Macroeconomic Regulator in Asia Pacific Award merupakan penghargaan kepada bank sentral yang unggul dalam menjalankan perannya menjaga stabilitas makroekonomi," tutur Onny.

Dalam beberapa tahun terakhir, Onny melanjutkan, penghargaan sejenis pernah diterima oleh beberapa bank sentral, yaitu Bank of Japan, Bangko Sentral ng Pilipinas, dan State Bank of Vietnam. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya