Ilmu Geologi Berperan Besar Tingkatkan Ketahanan Energi Nasional

Peluncuran buku 'An Introduction into the Geology of Indonesia'.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengatakan, ilmu geologi memiliki peran penting dalam meningkatkan cadangan minyak dan gas, serta mineral batu bara.

Chandra Asri Group dan Glencore Akuisisi Aset Shell Energy and Chemicals Park Singapore

Selain itu, ilmu geologi juga memberikan informasi dasar untuk kegiatan eksplorasi, di sektor energi dan sumber daya mineral.

"Melalui eksplorasi yang masif, kita berharap ditemukan cadangan baru. Kita memerlukan cadangan besar, giant discovery, untuk menjaga agar produksi minyak tidak turun akibat lapangan  yang sudah tua," kata Arifin saat memberikan sambutan dalam peluncuran buku 'An Introduction into the Geology of Indonesia', karya Prof Dr RP Koesoemadinata, dikutip Selasa, 17 November 2020.

Pertamina dan Polri Tandatangani Kerja Sama Pengamanan Objek Vital Nasional

Arifin menambahkan, buku karya Prof. Koesoema ini sangat menginspirasi, ditambah dengan banyaknya putra-putri hasil didikannya yang bekerja di bidang geologi di Tanah Air.

Arifin mengungkapkan, Prof. Koesoema adalah 'Bapak Geologi Migas Indonesia', dan telah berkontribusi konkret untuk kemajuan sektor ESDM di Tanah Air.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

Selain pendidik, Prof. Koesoema juga banyak menulis buku yang sangat bermanfaat secara sangat komprehensif, karena membahas dunia geologi yang ditulis langsung oleh putra Indonesia asli.

"Prof Koesoema menjadi pelaku dan saksi sejarah perkembangan geologi Indonesia pasca era Reinout Willem van Bemmelen asal Belanda, yang mengajar geologi bagi para mahasiswa Indonesia saat itu," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Energi Mega Persada Tbk, Syailendra Bakrie, yang juga hadir dalam webinar peluncuran buku tersebut, juga turut menyampaikan apresiasinya.

Syailendra mengatakan, karya Prof. Koesoema patut diapresiasi, apalagi kontribusinya sangat besar dan bermanfaat bagi perkembangan ilmu geologi di Tanah Air.

"Dan secara tidak langsung juga bermanfaat bagi peningkatan cadangan dan produksi migas nasional," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya