PT PP Garap Proyek SPAM Lintas Pekanbaru hingga Kampar

PT PP Groundbreaking proyek Spam senilai Rp2 Triliun.
Sumber :
  • Dokumentasi PT PP.

VIVA – Perusahaan pelat merah bidang konstruksi dan investasi PT PP, melakukan groundbreaking proyek Sistem Penyediaan Air Minum (“SPAM”) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Total investasi yang akan digelontorkan senilai Rp2 triliun.

Knowing How to Recover a WhatsApp Account Reported as Spam

Proyek itu digarap oleh anak usaha PT PP yang bergerak di bidang investasi infrastruktur, yaitu PT PP Infrastruktur (PP Infra). Lalu dibentuk lah PT PP Tirta Riau yang merupakan Badan Usaha Kerjasama (BUK) dengan swasta.

Baca juga: Sandiaga Uno Optimis Bisnis 3 Sektor Ini Bisa Digenjot RI dengan Mesir

WhatsApp Kena Spam Bisa Diatasi, namun Butuh Waktu

Perusahaan itu dibentuk oleh Konsorsium PPMV yang terdiri dari PT PP Tbk, PT PP Infrastruktur, Maynilad Water Services Inc, dan PT Varsha Zamindo Lestari sebagai pelaksana pembangunan SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten
Kampar. 

Setelah beroperasi nanti, SPAM tersebut akan melayani +624.000 jiwa atau sekitar 102.000 Sambungan Rumah di 5 kecamatan. Yaitu Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu, dan Tambang dengan peningkatan cakupan layanan 0 persen di area pelayanan menjadi 55 persen.

Bos IKN Resmi Jadi Komisaris PT PP Gantikan Andi Gani yang Masuk TPN Ganjar-Mahfud

"Investasi ini merupakan investasi mandiri yang seluruh pembiayaannya berasal capital expendiiture (Capex) PT PP Tirta Riau di mana kepemilikan sahamnya dipegang oleh Konsorsium PPMV. Total nilai investasi yang akan digelontorkan oleh PT PP Tirta Riau adalah sebesar Rp2 triliun," Direktur Utama PP Infra Didik Mardiyanto dikutip dari keterangannya, Minggu 22 November 2020.

Dia mengungkapkan, SPAM ini memiliki kapastitas 1.000 liter per detik (lpd) antara PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru, PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar, dan PT Sarana Pembangunan Riau dimana sumber air baku berasal dari Sungai Kampar. 

Kerja sama ini akan berlangsung selama 30 tahun antara PT PP Tirta Riau, PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru, PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar, dan PT Sarana Pembangunan Riau. Melalui, Divisi Air nya yang merupakan cikal bakal terbentuknya BUMD Air Provinsi Riau.

"Perlu disampaikan bahwa PP Infra saat ini merupakan satu-satunya investor dan perusahaan pertama di Indonesia yang mengembangkan infrastruktur SPAM dari hulu hingga hilir. Meliputi, pembiayaan pembangunan Instalasi Pengolahan Air kapasitas output 1.000 lpd, beserta seluruh bangunan kelengkapannya," tambahnya.

Sementara itu,  Agus Purbianto selaku Direktur Keuangan & Manajemen Risiko PT PP mengatakan, SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar direncanakan akan melayani kebutuhan pelanggan rumah tangga maupun non rumah tangga yang memiliki output standar kualitas air minum sampai di pelanggan dengan pelayanan 24 jam/ per hari. Karena itu proses pembangunannya akan dipastikan sesuai target.

"Kegiatan groundbreaking ceremony ini merupakan upaya untuk mempercepat proses dimulainya tahapan pembangunan SPAM yang akan dimulai pada awal tahun 2021. Diharapkan air minum akan mengalir sampai di rumah pelanggan secara bertahap mulai di tahun 2022," tambahnya.

Sebagai informasi, acara groundbreaking ceremony ditandai secara simbolis secara virtual dengan penekanan tombol bersama di layar pada Kamis lalu. Acara itu juga dihadiri oleh Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Pemukiman Kementerian PUPR R Haryo Bekti Martoyoedo dan Gubernur Provinsi Riau Syamsuar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya