PLN Luncurkan Aplikasi New PLN Mobile

PLN luncurkan aplikasi baru.
Sumber :
  • VIVA/ Vicky Fajri.

VIVA - PLN meluncurkan aplikasi layanan pelanggan New PLN Mobile di Kantor Pusat, Jakarta Selatan. Tujuannya untuk memenuhi semua kebutuhan pelanggan dan memberikan pengalaman layanan listrik yang berbeda kepada mereka.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

"Dengan adanya New PLN Mobile, merupakan transformasi yang kami lakukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan," kata Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, kepada wartawan Minggu, 20 Desember 2020.

Darmawan mengatakan institusinya mengubah bisnis mereka yang tadinya terkotak-kotak, masih manual, birokratik menjadi streamline unifight. "Berjalan dengan cepat autometid sehingga prosesnya bisa berjalan lebih cepat," katanya.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Baca juga: Listrik Padam di Sebagian Wilayah Jakarta, PLN Minta Maaf

Dia menuturkan aplikasi New PLN Mobile ini dapat memudahkan para pelanggannya untuk melakukan transaksi seperti pembelian token bagi pelanggan pra bayar, pembayaran tagihan listrik bagi pelanggan paska bayar. Kemudian juga sudah dapat memonitor penggunaan listrik dan pembelian token.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Dalam kesempatan yang sama, Agus Setiawan sebagai Exsecutif Residen IT menjelaskan terkait dengan pembayaran New PLN Mobile bekerja sama dengan beberapa bank, fintech, dan visa master untuk memudahkan pelanggan dalam bertransaksi melakukan pembayaran tagihan dan pembelian token listrik.

"Terkait dengan pembayaran fitur New PLN Mobile ini kami bekerja sama dengan empat bank yaitu BRI, BCA, Bank Mandiri, dan BNI. Dan juga fintech, yaitu Link Aja, Ovo dan Gopay," kata Agus.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan pelanggannya untuk mengajukan layanan pengubah daya, catat meter mandiri, memberikan notifikasi saat terjadi padam dan pemeliharaan (sudah terlayani untuk Jawa, Madura, dan Bali) serta layanan pengaduan pelanggan.

New PLN Mobile juga memiliki fitur pengaduan. Fitur pengaduan ini menjadi alat komunikasi PLN dengan pelanggannya, saat mengajukan pengaduan, pelanggan nantinya akan mendapatkan informasi progres penyelesaian gangguan.

Nantinya apabila pemutusan jaringan listrik karena adanya pemeliharaan ataupun gangguan melalui aplikasi New PLN Mobile akan memberikan notifikasi kepada pelanggannya.

Saat ini, fitur tersebut sudah dapat dinikmati di Jawa, Madura serta Bali dan akan dikembangkan hingga seluruh wilayah Indonesia.

Dalam fitur aplikasi New PLN Mobile ini mendapatkan notifikasi padam di-costumized namun hanya pada pelanggan yang terdampak saja informasi itu diberikan. PLN gunakan teknologi geospatial, sehingga posisi setiap pelanggan dapat diketahui, dan informasi apa yang paling dibutuhkan dapat dikelola secara akurat.

Ke depannya, PLN terus akan mengembangkan New PLN Mobile menjadi sebuah Super Apps dengan menghadirkan layanan bisnis PLN lainnya. Darmawan berharap melalui New PLN Mobile, PLN bisa lebih baik lagi dari hari kemarin dan dapat melayani pelanggan secara cepat, tanggap, responsif.

"Harapan kami adalah satu bagaimana PLN bisa memberikan kualitas pelayanan yang jauh lebih baik daripada yang kemarin, semoga tingkat kepuasan pelanggan lebih meningkat," katanya.

Darmawan mengatakan Aplikasi New PLN Mobile ini dapat diunduh di App Store juga di Play Store.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya