Tiga Fokus Utama Anindya Bakrie Jika Terpilih Jadi Ketum Kadin

Anindya Bakrie
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Calon Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Bakrie mengungkapkan tiga fokus utama yang akan diwujudkannya jika terpilih. Pertama, Anindya menginginkan Kadin bisa memajukan perekonomian Indonesia.

Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini

"Tapi bukan saja maju melainkan maju bersama-sama," kata Anin akrabnya disapa di kawasan Kuningan Jakarta Selatan, Rabu, 24 Maret 2021.

Ia menjelaskan, maksud dari maju bersama-sama itu adalah agar pemberdayaan daerah juga bisa berjalan dengan lancar. "Karena jika di daerah itu sukses, maka secara nasional pun pasti sukses," ujarnya.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Fokus kedua, lanjut Anin, adalah bagaimana seluruh pengusaha di Indonesia bisa merasakan kehadiran Kadin dalam setiap gerak bisnis mereka. Sehingga, ke depannya Kadin Indonesia bukan saja menjadi wadah bagi para pengusaha level menengah ke atas, tapi juga level menengah ke bawah.

Ia pun mengakui bahwa ini menjadi sebuah tantangan tersendiri. Supaya semua pihak bisa merasakan kehadiran Kadin karena Kadin telah membumi. Bahkan, kepada pengusaha-pengusaha yang belum menjadi anggota Kadin karena mereka merasa masih terlalu kecil atau terlalu muda.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Tujuan yang ketiga adalah agar semua pihak baik pengusaha level menengah atas maupun menengah bawah bisa naik kelas. Para pengusaha yang sudah besar bisa semakin bersaing secara internasional, sedangkan pengusaha yang level menengah bisa semakin besar, serta mereka yang belum memulai usaha bisa segera menjadi pengusaha.

"Jadi yang naik kelas ini tujuannya mesti sama-sama. Karena bisa dibayangkan jika hanya komunitas tertentu yang berhasil atau naik kelas, tentunya isu kesenjangan dan isu ketidakberlanjutan akan semakin terjadi," kata Anin.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menegaskan, itulah tantangan yang harus dihadapi dan dilalui oleh siapapun, yang nanti akan memimpin Kadin. "Itu semua lah yang mesti kita perjuangkan bersama," ujarnya.

Mengenai adanya pemimpin asosiasi dan himpunan yang menyatakan suara dukungan atas pencalonannya sebagai Ketua Umum, Anin pun mengucapkan rasa syukur.

"Semua dukungan itu kami terima dengan baik. Tapi itu adalah suatu harapan dan amanah bahwa Kadin itu bisa mendengarkan dan bekerja sama dengan apresiasi secara lebih baik. Karena ujung-ujungnya ya peran Kadin dalam membuat perekonomian Indonesia menjadi lebih baik, guna membantu pemerintah melaksanakan pemulihan ekonomi nasional," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya