Sebelumnya Berjam-jam, Kini Pembuatan Dapem Taspen Selesai 10 Menit

Menara Taspen (Arthaloka Building)
Sumber :
  • vivanews/Andry

VIVA – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen meluncurkan Aplikasi Taspen Digital Enterprise Services (TDES) pada pekan ini. Aplikasi ini akan mampu meningkatkan performa dan keamanan sistem, untuk memaksimalkan layanan kepada peserta.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Direktur Utama PT Taspen A N S Kosasih  menjelaskan, Taspen Digital Enterprise Services (TDES) merupakan Core System Application berskala Enterprise yang dapat mengakomodir operasional proses bisnis perusahaan. 

Khususnya pada fungsi enterprise data management, serta layanan pemasaran dan keuangan yang terintegrasi, high performance, reliable dan secure untuk meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik kepada peserta.

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

“Latar belakang dari diciptakannya TDES didasari oleh satu dari 5 Prioritas Kementerian BUMN, yaitu kepemimpinan teknologi, memimpin secara global dalam teknologi strategis dan melembagakan kapabilitas digital seperti data management, advanced management, big data, dan artificial intelegence," ujar Kosasih dikutip dari keterangannya, Sabtu 22 Mei 2021. 

Dia menjabarkan, TDES memiliki keunggulan antara lain respons lebih yang cepat, tidak perlu update berkala, user friendly, interface dan navigasi menu mudah dimengerti, dan beb-based. Kemudian, validitas dan akurasi data terjaga, real-time atauonline antara TDES dan SAP, dan seluruh modul Keuangan beralih ke SAP. 

Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

TDES pun mempercepat pembuatan Daftar Pembayaran Pensiun (Dapem) dari 10 jam ke 10 menit. Lalu, mempercepat upload data gaji Aparatur Sipil Negara aktif dari 515 Pemda yang semula 15 menit menjadi 5 menit.

“Melalui Aplikasi TDES maka pengerjaan klaim akan lebih singkat karena response time cepat dan navigasi menu yang mudah ditambah dengan penggunaan web-based application yang akan membantu pekerjaan menjadi lebih fleksibel. Selain itu, TDES juga telah mengikuti perubahan regulasi dari stakeholder, yaitu rencana Reformasi Jaminan Penisun dan Jaminan Hari Tua,” ungkapnya.

Selain TDES, Tasoen juga memiliki program layanan berbasis digital untuk memudahkan peserta dalam mengajukan klaim dengan layanan Taspen Tangap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona (Taspen Pesona) yang dapat diakses melalui layanan e-klim Taspen, Taspen Care dan TTaspen Otentikasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya