Permintaan Lebih Banyak dari Pasokan, Cuan Bisnis Baut Menggiurkan

Baut mesin.
Sumber :
  • Honda Community

VIVA – Pandemi menghantam seluruh sektor ekonomi saat ini. Meski demikian bisnis produk ini dinilai masih sangat potensial saat ini. Karena produk ini sangat dibutuhkan berbagai sektor, meski ukurannya kecil.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Produk tersebut masuk dalam kategori fastener yaitu baut dan mur. Kedua produk itu jelas komponen penting dalam industri apapun, seperti konstruksi bangunan, manufaktur, properti hingga infrastruktur.

Perusahaan distributor dan penjual baut nasional PT Mitra Angkasa Sejahtera mencatat baut dibutuhkan untuk puluhan ribu kegiatan ekonomi di Indonesia.

IPA Convex 2024 Maksimalkan Potensi Indonesia Jadi CCS Hub di Asia

Karena itu, Direktur Utama MAS Simon Hendiawan mengatakan, sektor bisnis  ini boleh dikatakan sebagai bahan pokok bagi bidang industri manufaktur, konstruksi hingga industri gadget.

"Baut atau mur itu berfungsi untuk menyambungkan dan mengencangkan material yang cukup vital dalam kehidupan kita sehari-hari, jenisnya bermacam-macam ada sekitar 70 ribu jenis baut," kata Simon dikutip dari keterangan resminya, Selasa, 22 Juni 2021.

Naik 18,25 Persen, Avrist Assurance Raup Laba Bersih Rp 145 Miliar pada 2023

Menurut Simon, potensi bisnis baut dan mur di Indonesia sejalan dengan pembangunan infrastruktur yang digulirkan Pemerintah. Pembangunan properti yang digerakkan sektor swasta juga banyak membutuhkan barang ini.

"Baut dan mur digunakan dari industri A sampai Z, mau industri yang paling sederhana hingga industri besar yang rumit,"tuturnya.

Dia menjabarkan, sampai saat ini permintaan (demand) baut di Indonesia masih lebih lebih tinggi dari pasokan. Karena itu, potensi bisnis pabrikan baut sangat terbuka lebar.

Baca juga: Antam Buka-bukaan Soal Heboh Skandal Impor Emas Rp47,1 Triliun

"Kami saja sampai saat ini kewalahan memenuhi permintaan pasar karena tingginya kebutuhan," ujarnya.

Mengutip Fastener Engineering, baut adalah suatu batang atau tabung yang membentuk alur heliks atau tangga spiral di bagian permukaan. Umumnya, baut digunakan sebagai pengerat dengan memutar searah dengan jarum jam atau disebut dengan ulir kanan.

Tidak hanya digunakan untuk industri otomotif, baut juga banyak dipakai untuk konstruksi atau bangunan, manufaktur, properti dan infrastruktur serta sektor-sektor lainnya.

Kebutuhan baut dewasa ini sangat bisa di temui di hampir segala bidang. Hal itu membuat baut dan mur menjadi salah satu investasi bisnis yang sangat menjanjikan dalam menopang pembangunan infrastruktur Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya