Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh, BI Pede Pertumbuhan Sepanjang 2024 di 5,5 Persen

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia
Sumber :
  • VIVAcoid

Jakarta – Pertumbuhan ekonomi RI kuartal I-2024 tercatat sebesar 5,11 persen secara year on year (yoy). Angka ini tercatat meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan pada kuartal sebelumnya yang sebesar 5,04 persen yoy. 

Sri Mulyani Ungkap 16.451 Kontainer Sudah Dibebaskan dari Pelabuhan

Direktur Departemen Komunikasi BI, Fadjar Majardi mengatakan, dengan hasil ini, BI memperkirakan bahwa ekonomi RI pada 2024 akan tetap dalam kisaran 4,7-5,5 persen yoy. 

"Ke depan, pertumbuhan ekonomi 2024 diprakirakan tetap kuat dalam kisaran 4,7-5,5 persen yoy, didukung oleh permintaan domestik, terutama dari berlanjutnya pertumbuhan konsumsi dan investasi bangunan sejalan dengan berlanjutnya pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN)," kata Fadjar dalam keterangannya Selasa, 7 Mei 2024. 

Dolar AS Sempat Tembus Rp16.200, Jokowi: Kita Ketar-ketir, Agak Ngeri Juga

Fadjar menjelaskan, pertumbuhan ekonomi yang meningkat pada kuartal I-2024 didukung oleh permintaan domestik yang lebih tinggi. Dalam hal ini konsumsi rumah tangga tumbuh sebesar 4,91 persen yoy seiring dengan pelaksanaan Pemilu 2024, hari libur nasional, dan cuti bersama.

Penghargaan dari Bank Indonesia

Photo :
  • Topremit
Pemerintah Daerah China Terpaksa Beli Rumah di Tengah Krisis Ekonomi

Kemudian konsumsi Lembaga Nonprofit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) tumbuh tinggi sebesar 24,29 persen yoy, didorong oleh aktivitas penyelenggaraan Pemilu 2024 dan momen Ramadan. 
Konsumsi Pemerintah meningkat dengan tumbuh sebesar 19,90 persen yoy didorong oleh kenaikan belanja barang, terutama terkait pelaksanaan Pemilu 2024, serta belanja pegawai. 

Lalu investasi tumbuh sebesar 3,79 persen yoy, terutama ditopang oleh investasi bangunan seiring berlanjutnya pembangunan infrastruktur. Sementara itu, ekspor tumbuh melambat sebesar 0,50 persen yoy, khususnya ekspor barang sejalan dengan penurunan harga komoditas produk utama ekspor, di tengah permintaan beberapa negara mitra dagang utama yang tetap tumbuh.

Gedung Bank Indonesia (tampak depan)

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Dia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi yang meningkat juga tecermin dari sisi Lapangan Usaha dan spasial. Dari sisi Lapangan Usaha (LU), hampir seluruh LU pada kuartal I-2024 menunjukkan kinerja positif dengan pertumbuhan yang tinggi antara lain tercatat pada LU terkait mobilitas terutama Transportasi dan Pergudangan, Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum, serta Perdagangan Besar dan Eceran. 

"LU Industri Pengolahan sebagai kontributor utama pertumbuhan juga tumbuh baik seiring permintaan domestik dan global yang terjaga," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya