Jokowi Usulkan Destry Damayanti Jadi Calon Tunggal Deputi Gubernur Senior BI

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan kembali Destry Damayanti sebagai calon tunggal Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) periode 2024-2029. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi XI, Dolfie Othniel Fredric Palit.

Nikmati Malam di Semarang, Presiden Jokowi dan Basuki Kulineran Sambil Bikin Vlog

Berdasarkan surat presiden R-17/Pres/05/2024, yang dikirim Dollfie kepada VIVA, Presiden Jokowi meminta persetujuan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) agar Destry Damayanti kembali menjabat sebagai deputi senior gubernur BI. 

"Kami mengusulkan kembali Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bl, untuk mendapat persetujuan DPR, sebelum ditetapkan pengangkatannya dengan Keputusan Presiden," tulis surat tersebut dikutip Senin, 27 Mei 2024.

Gagahnya Sapi Kurban Jokowi di Masjid Al Akbar Surabaya, Namanya Brebes Mili

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti.

Photo :
  • VIVA/Fikri Halim

Adapun keputusan itu sesuai dengan ketentuan Pasal 41 ayat (1), ayat (3), ayat (5), dan ayat (9) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999, tentang Bank Indonesia sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari jadi Khatib di Lokasi Presiden Jokowi Salat Idul Adha di Semarang

Destry sendiri saat ini masih menjabat sebagai deputi senior gubernur BI, yang diangkat dengan Keputusan Presiden Nomor 74/P Tahun 2019 tanggal 29 Juli 2019. Dan mengucapkan sumpah janji di hadapan Ketua Mahkamah Agung pada tanggal 7 Agustus 2019, dan akan berakhir pada tanggal 7 Agustus 2024.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengaku, sudah menerima surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai usulan nama calon Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS BI). Uji kelayakan dan kepatuhan atau fit and proper test pun kemungkinan akan dilakukan pada pekan depan.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad usai Rapat Paripurna penyampaian pemerintah terhadap kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal (KEM-PPKF) RAPBN tahun anggaran 2025. 

“Sudah (diterima), (surpres atau surat presiden) masih di Ketua (DPR RI), saya belum,” kata Dasco di Kompleks Parlemen RI, Senin, 20 Mei 2024 

Dasco mengatakan, surpres tersebut telah diterima dua pekan lalu. Namun, dia tidak memberikan secara rinci nama-nama calon DGS BI yang diusulkan oleh presiden.

“Belum tahu, saya belum buka suratnya,” ujarnya.

Dasco membeberkan, untuk fit and proper test DGS BI kemungkinan akan dilaksanakan pada pekan depan oleh Komisi XI DPR RI. “Mungkin minggu depan kita sudah turunkan (surpres ke Komisi XI),” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya