BCA Fasilitasi UMKM dengan Workshop hingga Sertifikasi Halal Gratis

Workshop Sertifikasi Halal UMKM BCA 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen mendukung ekonomi halal di Indonesia dengan menyelenggarakan kembali workshop Sertifikasi Halal untuk UMKM di Kuta, Bali. Bahkan, BCA juga menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 101 juta untuk pengusaha coffee shop.

Pertamina Dorong 1.686 Pelaku Usaha Mikro dan Kecil Naik Kelas Tahun Ini, Intip Caranya

EVP Corporate Communication dan Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, workshop ini diikuti oleh 100 UMKM, yang bertujuan untuk mendukung peningkatan kualitas produk-produk UMKM sehingga memiliki daya saing yang lebih tinggi ke depannya.

“Pemberdayaan UMKM selalu menjadi fokus utama BCA, kami juga menyadari bahwa UMKM berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Melalui program Workshop Sertifikasi Halal 2024, BCA berkomitmen mendukung perkembangan bisnis UMKM dengan memberikan akses serta pemahaman mengenai sertifikasi halal dalam kategori self declare. Kami senantiasa berharap pelaku UMKM dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas produk serta skala usahanya," kata Hera dalam keterangannya, Senin, 27 Mei 2024. 

Antusiasnya Santri di Aceh Ikuti Program Kembangkan Minat dan Bakat

Executive Vice President (EVP) Corporate Communication And Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Hera menuturkan, dalam workshop Sertifikasi Halal UMKM BCA 2024, perseroan memberikan dukungan berupa pembayaran biaya sertifikasi halal kepada pelaku UMKM. 

Fashion Show dan Penampilan Raisa Pukau Penonton dalam Penutupan Bali Jagaditha 2024

Selain itu, peserta juga berkesempatan untuk mendapatkan beberapa penawaran menarik, seperti pembukaan rekening online, pembukaan Kartu Kredit BCA online, aktivasi metode pembayaran via QRIS, dan fasilitas pembiayaan usaha (KUR) serta produk konsumtif lainnya. 

Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Ini merupakan alasan produk yang bersertifikat halal banyak diminati masyarakat Indonesia. 

Adapun berdasarkan survei Kementerian Koperasi dan UKM RI, omzet pelaku usaha rata-rata meningkat 8,5 persen setelah memperoleh sertifikat halal. Sejalan dengan itu, BCA berkomitmen untuk terus melanjutkan program sertifikasi halal UMKM.

Hera melanjurkan, dukungan BCA terhadap UMKM juga dilakukan di sektor pembiayaan tercermin dari penyaluran kredit segmen UMKM di BCA yang tumbuh sebesar 13,5 persen year on year (yoy), mencapai Rp 110,4 triliun per Maret 2024. Dalam rangka terus mendorong penyaluran kredit ke sektor ini, BCA memberikan promo suku bunga kredit bagi debitur komersial dan UMKM yang bergerak dalam Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan.

“Sertifikasi halal menjadi kebutuhan yang tak terelakkan bagi suatu produk di Indonesia. Melalui kegiatan ini, BCA berharap dapat membantu UMKM mampu meningkatkan kualitas dan daya saing produk mereka sehingga dapat merangsang pertumbuhan penjualannya," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya