Siap-siap, Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka Pekan Ini

Ilustrasi tes CPNS.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Badan Kepegawaian Negara memastikan, pendaftaran Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) 2021 akan dibuka pekan ini. Hari ini seluruh instansi Pemerintahan akan diundang guna sosialisasi kapan secara resmi rekuitmen Aparatur Sipil Negara (ASN) itu akan resmi dibuka.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengungkapkan, pertemuan itu penting dilakukan guna memastikan pelaksanaan rekruitmen CPNS 2021 berjalan dengan baik. Khususnya terkait formasi yang dibutuhkan para instansi tersebut.

"Insya Allah masih seperti rencana (Pendaftaran CPNS dibuka pekan ini). Selasa (29 Juni 2021) akan mengundang seluruh instansi untuk menyampaikan jadwal pelaksanaan," ungkap Bima ketika dikonfirmasi VIVA.

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

Meski demikian, Bima enggan menyampaikan berapa banyak kebutuhan CPNS 2021 yang akan dibuka. angka pastinya akan disampaikan saat pendaftaran resmi dibuka.

Baca juga: Anindya Diapresiasi Bikin Solid Kadin, Musyawarah Tradisi Leluhur

Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

"Itu belum bisa disampaikan sekarang," tambahnya.

Seperti diketahui, ada 3 peraturan menteri PANRB yang menjadi dasar hukum pelaksanaan pengadaan CPNS 2021. Salah satunya adalah Permen PANRB No 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil.

Dalam aturan tersebut,  ada syarat umum pendaftaran untuk peserta seleksi CPNS yang telah ditetapkan. Antara lain, usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun saat melamar dan tidak pernah dipidana.

Kemudian tidak pernah diberhentikan dengan hormat oleh instansi Pemerintahan, TNI atau polri. Serta, tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta.

Syarat umum lainnya adalah memiliki kulifikasi pendidikan sesuai dengan syarat jabatan, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan sehat jasmani serta rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya