Sumbangan Rp2 Triliun Keluarga Akidi Tio, Mahfud MD: Semoga Nyata

Keluarga Pengusaha Akidi Tio memberikan sumbangan Rp2 triliun.
Sumber :
  • Istimewa via Sadam Maulana.

VIVA – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, menanggapi analisis mantan Menkumham era Presiden Susilo Bambang Yudhoyoni, Hamid Awaludin. Dalam analisisnya, Hamid mengingatkan agar tidak begitu saja percaya dengan janji sumbangan Rp2 triliun dari keluarga pengusaha Akidi Tio yang sampai sekarang belum terbukti. 

Holding PTPN Gelontorkan Bantuan Buat Korban Banjir Bandang Luwu

Mahfud mengatakan, apa yang dikatakan Hamid merupakan analisa yang cukup bagus, mengingat beberapa kali ada seseorang mengungkapkan hal menakjubkan tetapi tidak dapat dibuktikan.

Mahfud juga meceritakan, pengalamannya saat ada seseorang yang meminta difasilitasi menggali harta karun yang hasilnya akan diberikan ke negara. Namun pada akhirnya seseorang tersebut tidak dapat membuktikan apa yang dikatakannya.

Ibunya Kabur, Begini Nasib Gibran Bocah yang Viral Nangis Kelaparan di Bogor

"Ini perspektif dari Hamid Awaluddin tentang sumbangan Rp2 T dari Akidi Tio. Bagus, agar kita tunggu realisasinya dengan rasional. Saya juga pernah menulis ada orang-orang yang minta difasilitasi untuk menggali harta karun dan lain-lain yang akan disumbangkan ke negara. Tapi tak bisa divalidasi," kata Mahfud lewat akun Twitter-nya, Senin, 2 Agustus 2021.

Baca juga: Rupiah Melemah Jelang Pengumuman Inflasi dan Kebijakan PPKM

Logistik Bantuan Korban Banjir Ada Kutu Beras, BPBD Tangerang Minta Maaf

Bukan cuma sekali, Mahfud mendengar hal yang menakjubkan dari seseorang yang ternyata ucapan tersebut hanya omong kosong. Dia mengingat pada saat dirinya menjadi Menteri Pertahanan RI pada era Presiden Abdurrahman Wahid.

Saat itu, ada seseorang yang mengaku kepadanya memiliki satu koper uang dolar dengan pecahan US$1.000. Kemudian dia mencoba mengklarifikasi hal itu ke Bank Indonesia dan ternyata diketahui Amerika Serikat tidak mengeluarkan uang dolar pecahan US$1.000.

"Waktu saya Menhan (Menteri Pertahanan) ada orang mengaku punya sekoper uang dolar Amerika yang nilai per lembarnya 1000 dolar. Ketika saya tanya ke BI diketawain karena USA hanya mencetak lembaran uang paling tinggi 100 dolar. Ada juga yang minta dibantu menggali harta karun tapi tak jelas. Semoga yang Akidi Tio ini nyata," ujarnya

Almarhum Akidi Tio menjadi perbincangan hangat setelah keluarga almarhum memberikan dana hibah sebesar Rp2 triliun untuk membantu penanganan COVID-19 di Provinsi Sumatera Selatan.

Sumbangan tersebut merupakan amanah dari almarhum Akidi Tio yang diserahkan pihak keluarga di Polda Sumatera Selatan, Senin, 26 Juli 2021. Dikabarkan dana tersebut akan cair hari ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya