IHSG Masih Tertekan PPKM, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan IHSG di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6/2020). (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 3 poin atau 0,06 persen di level 6.092 pada pembukaan perdagangan Kamis, 12 Agustus 2021.

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi bahwa IHSG memiliki potensi untuk kembali mengalami tekanan pada perdagangan hari ini.

"Setelah sebelumnya sektor teknologi, infrastruktur, dan transportasi memimpin pelemahan indeks sektoral," ujarnya dalam riset harian, Kamis 12 Agustus 2021.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Baca juga: Pesan Jokowi ke Pertamina Usai Alih Kelola Blok Rokan

Lanjar menambahkan, para investor mendapat trigger negatif dari PPKM yang terus diperpanjang. Selain itu, juga data indeks keyakinan konsumen bulan Juli yang turun cukup signifikan serta, penjualan eceran yang tumbuh melambat jauh dari ekspektasi.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Secara global, investor terus mengevaluasi implikasi dari kemungkinan pengumuman pengurangan The Fed dalam beberapa bulan ke depan, serta penyebaran varian delta dari virus corona dan tindakan keras China.

Secara teknikal, IHSG menguji support bullish trend jangka menengah yang berada di kisaran MA50 pada level 6.057, sebagai konfirmasi mempertahankan posisi di atas level psikologis 6.000.

Momentum bearish terbentuk pasca dead-cross pada area oversold indikator stochastic, dengan pelemahan pergerakan histogram yang mengkonfirmasi cross over negatif pada indikator MACD yang akan menjadi indikasi pelemahan lanjutan.

"IHSG berpotensi kembali tertekan dengan support resistance 6.051-6.135," ujarnya.

Selain itu, Lanjar juga memberikan sejumlah rekomendasi saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni ADRO, AGII, AKRA, ANTM, BNGA, ESSA, INCO, LSIP, TINS, TOWR, UNTR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya