Jokowi Akan Sampaikan Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR Besok

Presiden Jokowi saat berpidato di KTT Kesehatan Global
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo memastikan persiapan pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR dan DPD 2021 sudah selesai secara keseluruhan. Dia menyampaikan Sidang Tahunan MPR RI akan digelar pada Senin besok 16 Agustus 2021 secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Karena kondisi pandemi COVID-19, pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI akan kembali digelar secara luring dan daring," kata Bamsoet, sapaan akrabnya, pada Minggu, 15 Agustus 2021.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan hadir secara fisik di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta Pusat. Selain itu, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat lembaga juga akan hadir secara fisik.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Rencananya yang hadir antara lain para Menteri Koordinator, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kemudian, pimpinan lembaga seperti Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna, Ketua Mahkamah Agung (MA) HM Syarifuddin, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan Ketua Komisi Yudisial (KY) Mukti Fajar Nur Dewata.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

“Jumlah undangan Sidang Tahunan MPR RI mencapai 1.125 undangan. Terdiri dari 60 undangan yang hadir secara fisik, 975 undangan yang hadir secara virtual, dan 90 undangan streaming,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu.

Dalam Sidang Tahunan MPR RI, kata dia, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan tentang laporan kinerja lembaga negara dalam menjalankan tugas dan kewenangannya selama setahun terakhir. Dengan demikian, rakyat bisa mengetahui kinerja lembaga pemerintahan atau lembaga negara.

"Sidang Tahunan MPR RI juga akan disiarkan secara langsung melalui saluran TV nasional serta live streaming dari berbagai media sosial MPR RI. Sehingga, masyarakat dari manapun bisa mengikuti jalannya Sidang Tahunan MPR RI," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya