Energi Adalah, Pahami Definisi, Macam-Macam, Sumber, dan Fungsinya

Ilustrasi Kilang Pertamina.
Sumber :
  • Dok. Pertamina

VIVA – Energi merupakan hal yang abstrak, sulit dibuktikan, namun keberadaannya dapat dirasakan. Umumnya kata energi mengacu pada konsep potensi untuk menyebabkan perubahan.

Universitas Jambi Ciptakan Teknologi Penyediaan Air Bersih Lahan Gambut

Energi sangat dibutuhkan misalnya untuk menggerakkan mobil, memanaskan, atau mendinginkan ruangan, bahkan untuk menjalankan komputer. Matahari merupakan salah satu sumber energi alami. Energi matahari sangat diperlukan untuk tanaman dan proses siklus air.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) V online, energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (contohnya untuk energi listrik dan mekanika) atau daya (kekuatan) yang bisa dipakai untuk melakukan berbagai proses kegiatan.

Kolaborasi Riserva ERHA dan Ghea Resort, Pengalaman Unik Melestarikan Budaya dan Alam Indonesia

Kemudian, energi alam merupakan sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan atau kebutuhan hidup manusia supaya lebih sejahtera. Energi alam bisa berada di mana saja misalnya di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dan lainnya.

Lantas, energi adalah?

Sempat Terkendala Faktor Alam, KPU Baru Gelar Pemungutan Suara Susulan di Paniai Hari Ini

Definisi energi menurut para ahli

Dilansir daeri e-journal.uajy.ac.id, menurut Sumantoro (1993) energi adalah sebuah kemampuan untuk dapat melaksanakan usaha seperti mendorong atau menggerakan benda. Kemudian Hadiwono (2007) menjelaskan bahwa energi adalah sesuatu yang bergerak, berkaitan dengan ruang dan waktu.

Kemudian Campbell, Reece, & Mitchell (2002) menjelaskan bahwa energi adalah kemampuan untuk menyusun kembali kumpulan materi, atau dengan kata lain energi adalah kemampuan atau kemampuan untuk melakukan usaha.  Terakhir, Alfatah & Lestari (2009) menjelaskan bahwa energi adalah apa yang dibutuhkan suatu benda agar benda tersebut dapat melakukan usaha.

Macam-macam energi

Melansir docplayer.info ditemukan 9 macam energi yang ada di alam semesta, berikut ulasan lengkapnya.

1. Energi mekanik

Energi mekanik adalah energi yang tersimpan dalam energi kinetik atau energi potensial, yang dapat diubah atau dipindahkan untuk menghasilkan kerja atau usaha.

2. Energi listrik

Energi listrik adalah energi yang berkaitan dengan akumulasi arus elektron dan bentuk transmisi atau transfernya adalah aliran elektron melalui konduktor jenis tertentu. Energi listrik dapat disimpan dalam energi medan elektrostatik dan merupakan energi yang terkait dengan medan listrik, sebab akumulasi muatan elektron di pelat kapasitor.

3. Energi kimia

Energi kimia adalah energi yang dihasilkan oleh interaksi elektron dari dua atau lebih atom/molekul. Sehingga dapat menghasilkan senyawa kimia yang stabil. Energi ini hanya bisa terjadi dalam bentuk energi tersimpan.

4. Energi nuklir

Energi nuklir adalah energi dalam bentuk simpanan, yang dapat dilepaskan karena interaksi partikel dengan atau di dalam inti atom. Saat partikel berusaha untuk mencapai kondisi yang lebih stabil, mereka melepaskan energi ini.

5. Energi termal (panas)

Ini adalah jenis energi dasar, dengan kata lain semua energi yang dapat sepenuhnya diubah menjadi energi panas. Sebaliknya, dalam pengonversian dari energi termal ke dalam energi lain dibatasi dengan hukum Therodinamika II.

6. Energi bunyi

Energi bunyi merupakan energi yang ditimbulkan oleh benda dan mengeluarkan bunyi. Bunyi tersebut dihasilkan dari getaran dan bunyi kuat dihasilkan dari getaran yang kuat.

7. Energi kinetik

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda yang bergerak. Contohnya termasuk kincir angin dan generator sepeda.

8. Energi potensial

Energi potensial merupakan energi yang tersimpan dalam sebuah benda. Misalnya dalam ketapel yang direnggangkan akan memiliki energi potensial karena energi tersebut sewaktu-waktu dapat dilepaskan.

9. Energi cahaya

cahaya adalah energi yang menyertai perpindahan elektron dari tingkat energi yang lebih tinggi ke tingkat energi yang lebih rendah (elektron yang tereksitasi kembali ke posisi semula). Eletron tersebut berada di dalam keadaan tereksitasi sebab diberikan energi, misalnya energi panas.

Sumber energi

1. Sumber energi tidak terbaharui

Sumber energi tidak terbaharui atau nonrenewable merupakan sumber energi yang tidak bisa diisi atau dibuat kembali oleh alam dalam jangka waktu yang singkat, bukan merupakan proses berkelanjutan. Sumber energi ini diperoleh dari perut bumi dalam bentuk cair, gas, dan padat. Sumber energi tersebut misalnya minyak bumi, gas alam, batubara, dan uranium.

2. Sumber energi alternatif atau terbaharui

Sumber energi alternatif merupakan sumber energi pengganti sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Semua sumber energi terbarukan termasuk dalam sumber energi alternatif. Sumber energi ini juga dinamakan sebagai sumber energi yang bisa diisi kembali dengan cepat oleh alam, proses berkelanjutan. Misalnya adalah energi matahari, angin, air, biomassa, dan panas bumi.

Fungsi energi

Nah, setelah mengetahui definisi, macam-macam, dan sumber energi, penting untuk kamu mengetahui fungsi energi itu sendiri. Fungsi energi adalah untuk membantu manusia ketika menjalankan kehidupannya sehari-hari. Berikut fungsi energi secara lengkap:

  1. Energi listrik menjadi energi bunyi pada pemakaian bel yang bisa menghasilkan bunyi.
  2. Energi listrik menjadi energi gerak dalam pemakaian kipas angin.
  3. Energi listrik menjadi energi panas dalam pemakaian setrika untuk menggosok pakaian.
  4. Energi cahaya jadi energi kimia dalam pemanfaatan cahaya matahari
  5. Energi kimia menjadi energi gerak pada makanan yang dimakan lalu diolah dengan reaksi kimia sehingga menjadi sumber energi untuk beraktivitas.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya