QRIS BI Kini Laku di Thailand, Begini Cara Kerjanya Tanpa Tukar Bath

QRIS
Sumber :
  • BI.go.id

VIVA – Bank Indonesia (BI) memperluas layanan QR Indonesian Standard (QRIS) hingga ke Thailand. Masyarakat RI yang berbelanja di negara tersebut menjadi tidak perlu lagi menukar uangnya ke baht.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendarta menjelaskan, layanan ini tercipta atas dasar hasil kerja sama BI dengan Bank of Thailand.

QRIS Antarnegara dengan Thailand diharapkan dapat menjadi tonggak baru dalam memfasilitasi aktivitas masyarakat kedua negara, khususnya bagi wisatawan kedua negara.

30 Killed Over Heatstroke Hit Thailand

Baca Juga: Dihukum 12 Tahun, Majelis Hakim: Sikap Terdakwa Juliari Pengecut

"Kalau belanja apa-apa di sini pakai handphone tinggal ditempelin, mau ke mana, ke Thailand, udah enggak usah tukar uang," kata dia dalam diskusi virtual, Senin, 23 Agustus 2021.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Selain dapat memberikan kemudahan, layanan QRIS antarnegara ini dikatakannya juga akan memangkas biaya tukar uang yang selama ini harus ditanggung oleh para turis.

"Kalau pakai QRIS ini pasti biayanya lebih murah dibandingkan ambil uang di luar negeri, kalau QRIS ini enggak usah mikir kalau mau berangkat ya berangkat aja asal diisi saldonya," tegas dia.

Menurut Filianingsih, penggunaan QRIS ini masih dalam tahap uji coba di Thailand, setelah dilakukannya peluncuran pada 17 Agustus 2021 sandbox Standar Nasional QR Code pembayaran Indonesia (QRIS) dengan Thailand (Thai QR Payment).

Terwujudnya interoperabilitas dan interkoneksi Standar Nasional QR Code Indonesia (QRIS) dan Thailand (Thai QR Payment) ini merupakan kolaborasi dan sinergi antara BI, Bank of Thailand, ASPI, lembaga switching kedua negara, Bank Appointed Cross Currency Dealers (ACCD) dan Penyedia Jasa Pembayaran.

Fase komersial penuh QR Antarnegara dengan Thailand akan dilakukan pada kuartal pertama tahun 2022. Interkoneksi switching to switching pun dibangun antar switching kedua negara yaitu Rintis, Artajasa, Jalin dan Alto dari Indonesia dengan  National ITMX (NITMX) dari Thailand.

Adapun penyelesaian transaksi dilakukan dengan menggunakan mata uang lokal antar kedua negara (Local Currency Settlement/LCS) melalui Bank ACCD Indonesia yaitu BCA, BNI, BRI dan Bank ACCD Thailand yaitu Bangkok Bank (BBL), Bank of Ayudhya (Krungsri), CIMB Thai Bank (CIMBT).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya