Airlangga di Forum Bisnis US-ASEAN Tekankan Kolaborasi Kunci Pemulihan

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto
Sumber :

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia untuk berkolaborasi dengan pelaku bisnis guna mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. Hal itu, sejalan dengan pemulihan ekonomi global yang terdampak Pandemi COVID-19.  

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Hal tersebut ditegaskan Airlangga dalam pertemuan dengan perwakilan dari US-ASEAN Business Council secara virtual Selasa, 24 Agustus 2021. Pertemuan itu dihadiri mewakili 39 korporasi besar berskala global anggota US-ASEAN, yang memiliki berbasis bisnis di Indonesia, Singapura, Hong Kong dan Amerika Serikat.

Airlangga mengatakan, pembahasan difokuskan pada potensi kerjasama yang dapat dilakukan untuk mempercepat Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN). Chairman, President dan CEO dari US-ASEAN Business Council, Ted Osius membuka pertemuan itu dengan yang memperkenalkan delegasinya, termasuk Batara Sianturi, Vice Chairman dari US-ASEAN Business Council.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

“Seperti kita ketahui bersama, pertumbuhan ekonomi global sudah on track. Tiongkok dan Amerika Serikat bahkan mencatatkan pertumbuhan ekonomi tinggi di angka 7,9 persen dan 12,2 persen year on year.  Pemerintah Indonesia optimistis, pemulihan ekonomi akan segera terwujud jika kolaborasi global terus ditingkatkan,” ujar Airlangga dikutip dari keterangannya, Rabu, 25 Agustus 2021.

Airlangga menjabarkan, ekonomi Indonesia tercatat tumbuh 7,07 persen (yoy) pada kuartal II, yang merupakan angka pertumbuhan tertinggi secara kuartal sejak krisis 2007-2008 silam.  Pertumbuhan ini juga tercatat lebih tinggi jika dibandingkan dengan beberapa negara lain di kawasan.  

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Namun dia memastikan, Pemerintah Indonesia mewaspadai angka pertumbuhan yang relatif lebih rendah pada kuartal III-2021. Karena melonjaknya kasus positif Covid-19 akibat varian Delta.  

Hal tersebutlah lanjut Airlangga, jadi dasar langkah cepat Pemerintah dengan memberlakukan PPKM secara lebih ketat. Yang kini, terbukti efektif menekan jumlah kasus aktif dan juga tingkat penularan kasus COVID-19.  

Selain itu, Airlangga memastikan, Pemerintah juga terus mempercepat program vaksinasi nasional.  Sekitar 90,68 juta dosis vaksin telah disuntikkan ke masyarakat Indonesia, di mana 58 juta diantaranya merupakan vaksin dosis pertama dan 32,23 juta adalah vaksinasi dosis kedua.   

“Kolaborasi dengan dunia usaha sangatlah penting untuk memastikan ketersediaan vaksin tetap terjaga, dan juga pelaksanaan program vaksinasi untuk daerah yang remote agar segera tercipta kekebalan komunal atau herd immunity,” ujar Airlangga.

Lebih lanjut dia menegaskan, efektivitas pengendalian laju penularan COVID-19 mutlak harus dilakukan untuk memulihkan ekonomi. Agar, target pertumbuhan ekonomi untuk tahun ini dan tahun depan dapat tercapai.

”Pemerintah optimistis dapat mencapai angka pertumbuhan ekonomi di kisaran 3,7 hingga 4,5 persen di 2021 dan di kisaran 5 hingga 5,5 persen di tahun 2022,” ungkapnya.

Baca juga: BP2MI Pakai Pusat Komando Canggih Lindungi Pekerja Migran Indonesia

Selain menyiapkan strategi kebijakan ekonomi yang tepat untuk memulihkan ekonomi dengan menciptakan lapangan kerja dan mempersiapkan pekerja Indonesia untuk bertransformasi secara digital.  Pemerintah juga meningkatkan alokasi anggaran PEN untuk tahun 2021 melalui refocusing anggaran.  

Saat ini, anggaran PEN telah mencapai Rp744,77 triliun atau US$51,3 miliar. Pemerintah juga mendorong pengembangan UMKM agar pemulihan ekonomi dapat segera terwujud.  Selama pandemi, 40 persen dari pelaku usaha UMKM telah menggunakan jaringan marketplace atau memasarkan produknya secara online.  

"Ini sejalan dengan program pemerintah untuk mendorong transformasi digital untuk mempercepat inklusi keuangan bagi pelaku usaha UMKM," ujarnya.
  
“Pemerintah Indonesia sangat serius dalam mempersiapkan talenta digital yang sangat dibutuhkan dalam persaingan bisnis di masa depan.  Kami memperkirakan dibutuhkan sekitar 9 juta talenta digital dalam waktu 15 tahun mendatang,” 

Pemerintah kata Airlangga, juga membuka kesempatan kepada pelaku usaha agar terlibat dalam pengembangan korporasi agrobisnis melalui pengembangan food estate, serta  pengembangan energi terbarukan untuk green, blue, circular economy. 

Momentum Pandemi COVID-19 saat ini merupakan waktu yang pas untuk bisnis di sektor ekonomi hijau yang berkelanjutan untuk berkembang. Begitu pula dalam menggenjot industri farmasi dalam negeri. 

"Pandemi mengajarkan betapa pentingnya pengembangan sektor kesehatan, maka Pemerintah mendorong pelaku usaha untuk terlibat dalam pembangunan manufaktur vaksin yang diproduksi di Indonesia. Mengingat populasi yang besar dan pengembangan kolaborasi lain di bidang teknologi kesehatan, sebagai upaya antisipasi untuk ketahanan kesehatan,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya