Wijaya Karya Catat Laba Bersih Rp136 Miliar di Semester I-2021

Logo Wijaya Karya (WIKA).
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp136,10 miliar, pada Semester I-2021. 

Telkom Indonesia Tebar Dividen Rp 17,68 Triliun, Intip Jadwalnya

Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito menjelaskan, capaian itu didukung oleh penjualan sebesar Rp6,77 triliun, sesuai laporan keuangan hingga 30 Juni 2021.

"Catatan tersebut mencerminkan keberhasilan WIKA untuk tetap mencatatkan kinerja positif di tengah pandemi COVID-19," kata Agung dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 31 Agustus 2021.

Menteri Basuki Ultimatum HK Rampungkan Tol Trans Sumatera Seksi Padang-Sicincin Juli 2024

Agung menambahkan, kontribusi terbesar dari penjualan didapat dari sektor infrastruktur dan gedung, yang kemudian diikuti secara berturut-turut oleh sektor Energy & Industrial Plant serta sektor industri.

Dia juga memastikan bahwa saat ini kondisi keuangan WIKA berada pada kondisi baik, yang ditunjukkan dengan peningkatan kas setara kas periode Juni 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Laba Bersih Bukit Asam Kuartal I-2024 Anjlok 31,98 Persen ke Rp 790 Miliar

"Serta rasio gross gearing dan net gearing masing-masing hanya sebesar 1,58 kali dan 1,13 kali," ujarnya.

Baca juga:  Update Harga Emas Selasa 31 Agustus 2021: Global Naik, Antam Turun

Agung berpendapat bahwa hal itu menunjukkan jika keuangan WIKA sangat sehat, dan masih memiliki ruang yang cukup untuk berpartisipasi pada proyek-proyek infrastruktur strategis yang menjadi fokus pembangunan Pemerintah.

Sejalan dengan itu, hingga Juli 2021, WIKA tercatat memperoleh kontrak baru sebesar Rp11,96 Triliun, atau naik 168 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Capaian ini kemudian menambah order book menjadi Rp78,57 triliun.

"Catatan ini semakin membangun keyakinan kami untuk dapat terus bertahan melalui pandemi ini dan kembali bangkit menghasilkan kinerja terbaiknya," kata Agung.

Sepanjang semester I-2021, Agung menegaskan bahwa WIKA juga menunjukkan komitmen yang kuat dari sisi operasi, dengan mengejar penyelesaian sejumlah proyek. Antara lain yakni proyek Bendungan Kuningan, Bendungan Bendo, serta Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi I. Proyek-proyek tersebut dijadwalkan untuk selesai dan diresmikan pada semester II-2021.

"Kami akan terus berupaya untuk menjaga kondisi keuangan WIKA tetap sehat, sehingga proyek-proyek yang telah dipercayakan kepada WIKA dapat kami tuntaskan dengan baik dan memberikan manfaat dari sisi profitabilitas untuk perusahaan serta kemanfaatan untuk masyarakat luas," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya